Buletin
Memuat...
Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Secure Boot di Windows 10

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Secure Boot di Windows 10

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Pada tulisan kali ini minblog akan membahas sedikit tutorial tentang bagaimana mengaktifkan atau menonaktifkan Secure Boot di Windows 10.

Apa itu Secure Boot?

Jika kalian pernah menggunakan dua sistem operasi (dual-OS) pada komputer atau laptop, kalian pasti tahu tentang Secure Boot. Secara umum Secure Boot membantu memastikan bahwa PC kalian melakukan booting hanya menggunakan firmware yang dipercaya oleh pabrikan. Kalian dapat menonaktifkan Secure Boot melalui menu firmware (BIOS) PC, tetapi cara setiap vendor berbeda-beda. 

Alasan Mengaktifkan atau Menonaktifkan Secure Boot.

Sebelum menginstall dua sistem operasi, biasanya sistem meminta untuk mematikan terlebih dahulu fitur Secure Boot. Fungsi dari Secure Boot itu sendiri adalah melindungi dari driver UEFI yang tidak resmi dari mulai booting sampai masuk ke windows. Secara default, pengaturan secure boot adalah pada mode 'enable' untuk model komputer terbaru dengan UEFI saat ini.

Langkah Menonaktifkan Secure Boot di Windows 10

1. Pertama-tama, buka kotak pencarian pada windows, dan ketikkan 'Advanced Startup'. Kemudian pilih Change Advanced Startup options.

2. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke bagian
Update & Security. Klik pada tab 'Recovery' seperti gambar di bawah ini.

3. Perhatikan pada bagian kanan, klik pada tombol 
'Restart Now'.

4. Komputer kalian akan restart, tunggu hingga masuk ke advanced mode. Pilih Troubleshoot > Advanced Options > UEFI Firmware Settings.

5. Selanjutnya, komputer kalian akan restart sekali lagi. Nah kali ini akan langsung masuk ke BIOS. Di sinilah kita akan menonaktifkan fungsi Secure Boot.

6. Kemudian pilih tab 'Security' dan cari opsi 'Secure Boot'.

7. Untuk menonaktifkannya, silhkan pilih 'Disable'.


Untuk mengaktifkan kembali, kalian bisa masuk ke BIOS, dan ubah 'Enable'. Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mengaktifkan atau menonaktifkan Secure Boot di Windows 10. Semoga bermanfaat.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: