Buletin
Memuat...
Tutorial Mengisi Nilai Siswa di PDSS 2021 Dengan Format CSV secara Cepat

Tutorial Mengisi Nilai Siswa di PDSS 2021 Dengan Format CSV secara Cepat


Assalamu'alaikum sahabat operator OPS dimanapun anda berada. Semoga selalu sehat dan diberi keberkahan oleh Allah 
سبحانه وتعالى. . Sekarang sudah memasuki tahun ajaran genap untuk 2020/2021. Dimana itu pertanda kerja operator akan bertambah dikarenakan banyak sekali agenda khususnya yang berkaitan dengan siswa tingkat akhir sekolah menengah atas. Mulai dari persiapan untuk ujian akhir hingga pendaftaran jalur seleksi masuk perguruan tinggi.


Untuk agenda yang akan saya tulisakan di sini adalah berkaitan dengan masuk perguruan tinggi melalui jalur pertama yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kaitannya dengan SNMPTN ini adalah si OPS (Operator Sekolah) mengisi beberapa data, salah satunya adalah data nilai siswa kelas 12 mulai dari semester 1 (kelas 10 semester ganjil) sampai semester 5 (kelas 12 semester ganjil). Ini nantinya digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan modal nilai rapor.


Pada tahun 2021 ini, situs PDSS mengalami perubahan dari segi tampilan dan fungsi menu. Untuk tampilan sendiri menurut saya pribadi sangat fres dibandingkan situs sebelumnya, dan menu serta cara kerja juga mudah dan prosedural. Tapi masalahnya pada bagian upload file (import template nilai) mengalami perubahan format yang dulunya kita menggunakan template import berformat excel, untuk sekarang kita akan menggunakan format CSV (Comma Separated Values), ya secara mudah ini merupakan data yang dipisahkan dengan koma. Tapi bukan itu yang kita bahas. Kita akan membahas bagaimana cara mengisinya secara cepat, sehingga memudahkan untuk proses upload nilai siswa dan tentunya mempersingkat waktu.

Namun sebelum menulis langkah-langkahnya, minblog mengucapkan terima kasih kepada channel yag menginspirasi saya untuk menulis tutorial ini ke dalam teks (maklum, minblog gak bisa buat yutub). Channel tersebut adalah Daftar Media Populer, silahkan subscribe chanel tersebut.

Langkah Mengisi Nilai Siswa di PDSS 2021 Dengan Format CSV secara Cepat

Untuk mengisi data ke dalam file berformat .csv, kita harus menggunakan sedikit trik. Sehingga nantinya kita cukup copy-paste dari file excel biasa yang telah disiapkan sebelumnya. Oh ya di sini saya sudah merekap nilai siswa kelas 12 dari semester 1 sampai 5 dengan format excel xls, xlsx, sehingga tinggal pindah saja ke format csv (copy-paste).

Silahkan simak tutorialnya berikut ini:

(1). Pastikan anda sudah membuka situs pdss 2021. Saya anggap bahwa bapak atau ibu sudah melakukan pengaturan dan finalisasi pada data sekolah, jurusan, kelas, dan kurikulum. Sehingga saya langsung melompat ke bagian pengisian nilai saja.

(2). Jika sudah, silhkan masuk ke bagian import data atau klik link ini.
(3). Kemudian silahkan isi data pada formulir Ímport "Nilai Siswa per Semester". Selanjutnya klik "Unduh".



(4). Lakukan unduhan sampai semua data siswa per semester tesimpan di komputer.


(5). Jika sudah. Silahkan buka satu file saja. Maka anda akan melihat tampilan format CSV seperti di bawah ini. Ketika tampilan masih seperti itu, maka anda tidak bisa sembarang copas. Untuk itu kita butuh mengubah sesuatu di control panel.


(6). Untuk mengubahnya silahkan pergi ke control panel pada komputer/laptop anda. Kemudian pilih "Region".


(7). Setelah itu akan muncul pop up baru, Pilih tab Format, dan bagian Format ubah ke "Indonesia".



(8). Setelah disimpan. Kembali ke file CSV yang telah diunduh tadi, dan coba anda buka. Maka seharusnya tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini, tanpa tanda titik koma.


(9). Jika sudah seperti gambar di atas (tanpa titik koma). Maka selanjutnya anda tinggal copy-paste data nilai dari file excel yang sudah dipersiapkan denga memilik paste value agar tidak merubah format tabel.

(10). Setelah selesai, maka jangan lupa untuk menyimpan. Kemudian kembali ke situs pdss import data nilai, silhkan di import seperti biasa. Maka Insya Allah berhasil. Jika sudah maka silahkan kembalikan pengaturan yang control panel seperti semula.

*Abaikan NISN yang hilang nolnya,, biarkan saja langsung Upload!!.

Demikian tutorial cara Mengisi Nilai Siswa di PDSS 2021 Dengan Format CSV secara Cepat yang dapat minblog sampaikan. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: