SNMPTN 2021, Informasi Tentang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021

SNMPTN 2021, Informasi Tentang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021


Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh para saudara setia pembaca blog ini. Pada hari ini minblog akan membagikan sebuah info penting yang mana setiap tahun selalu ada informasi seperti ini. Info kali ini berkaitan dengan Pendidikan lanjut setalah SMA yang akan dialami oleh beberapa siswa kedepannya. Informasi ini adalah tentang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021, atau biasa kita kenal dengan SNMPTN, SBMPTN, dan N N yang lain.

Baiklah, sebelum lanjut ke informasi inti, mari kita bahas dulu sebuah lembaga yang bertanggung jawab akan seleksi ini, yaitu LTMPT.

Apa itu LTMPT?

LTMPT atau kepanjangan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, adalah sebuah lembaga yang menjadi penyelenggara tes bagi siswa yang akan masuk ke perguruan tinggi negeri dengan sifat tetap, kredibel, proporsional, efisien, dan efektif. Melalui LTMPT, siswa akan melalui beberapa jalur seleksi yang sudah dirancang oleh Lembaga tersebut. Jalur tersebut adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan Seleksi Mandiri.

SNMPTN sendiri merupakan seleksi yang akan diselenggarakan dengan dasar nilai rapor siswa. Artinya sekolah akan melakukan pengisian data nilai (biasa dikenal dengan ngisi PDSS) siswa dari semester 1 sampai semester 5 / kelas 10 sampai kelas 12 semester 1. Nantinya aka otomatis dirangking sesuai dengan kuota yang diberikan kepada sekolah berdasarkan akriditasi sekolah. Menurut info yang terdapat di situs LTMPT, bahwa persentasi kuota berdasarkan akriditasi sekolah adalah sebagai berikut:
  • untuk sekolah berakriditasi A mendapat jatah 40% siswa terbaik di sekolahnya, masing-masing untuk jurusan (IPA atau IPS).
  • untuk sekolah berakriditasi B mendapat jatah 25% siswa terbaik di sekolahnya, masing-masing untuk jurusan (IPA atau IPS).
  • untuk sekolah berakriditasi C dan lainnya mendapat jatah 5% siswa terbaik di sekolahnya, masing-masing untuk jurusan (IPA atau IPS).
Berikut link untuk memeriksa kuota siswa calon peserta SNMPTN 2021:

Apa itu PDSS?

Seperti yang saya sebutkan di atas, sekolah akan mengisi data nilai rapor siswa calon peserta Seleksi Nasional dengan mengisi di PDSS? PDSS itu sendiri merupakan kepanjangan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. Dikatakan sebuah pangakalan data dikarenakan PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar. PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP, dan Kurikulum 2013 baik sistem paket maupun SKS. Disinlah menjadi satu syarat bahwa sekolah yang mendaftar PDSS harus memakai kurikulum nasional KTSP / K13. Pengisian PDSS merupakan tugas sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Satuan Pendidikan.

Itulah beberapa pengantar yang harus dipahami sebelum melangkah ke tulisan inti tentang Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021.

Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan:

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui: (a) Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa; dan (b) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

SNMPTN 2021

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021 merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri yang akan ditempuh oleh siswa-siswi SMA tingkat akhir berdasarkan nilai rapor dari kelas 10 semester 1 hingga kelas 12 semester 1 (5 semester). Nilai ini didapat dari data pada PDSS yang telah diinput oleh sekolah, kemudian diranking secara otomatis oleh sistem dan menghasilkan jumlah siswa yang lolos sesuai kuota yang telah ditentukan berdasarkan akriditasi sekolah. 

Contoh: Sekolah dengan Akriditasi A mendapat kuota 40% siswa terbaik. Sekolah tersebut memiliki 2 penjurusan yaitu IPA dan IPS dengan jumlah siswa adalah IPA sebanyak 32 siswa dan IPS sebanyak 83 siswa. Maka sekolah tersebut memiliki siswa yang akan masuk ke SNMPTN adalah IPA 40% x 32 = 13 siswa, dan IPS 40% x 83 = 34 siswa.

Persyaratan SNMPTN 2021

Perlu diketahui oleh siswa dan para warga satuan pendidikan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika ingin mengikut SNMPTN tahun 2021. Syarat tersebut adalah sebagi berikut:

Persyaratan Sekolah
(1). SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
(2). Ketentuan Akreditasi:
  • Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya.
(3). Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligel sesuai dengan ketentuan.

Persyaratan Peserta (Siswa)
Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul;
  1. memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN;
  2. memiliki NISN dan terdaftar di PDSS;
  3. memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS; dan
  4. peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
Pilihan Program Studi
  1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN;
  2. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  3. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Jadwal SNMPTN 2021

Berikut merupakan jadwal kegiatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021.


*** Batas akhir pada tanggal berakhirnya adalah pukul 15.00 WIB.

Demikian adalah informasi singkat mengenai seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN 2021. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: