Buletin
Memuat...
10 Aplikasi Pembuat Bootable USB untuk Windows 10 Tahun 2021

10 Aplikasi Pembuat Bootable USB untuk Windows 10 Tahun 2021



2 Tahun silam minblog pernah menulis 5 aplikasi alternatif Rufus tahun 2019, dimana aplikasi tersebut adalah sebuat alat untuk membuat sebuah bootable sistem operasi pada USB (flasdisk). Bagi kalian pengguna sistem operasi Windows sampai sekarang, kalian pasti pernah mengalami system corrupts (kegagalan sistem) atau mudahnya adalah error pada windows seperti not reposnding, ngefreeze, blue screen, dll.

Dari kasus ini, sangat disarankan bagi pengguna untuk mempunyai sebuah file install-an sistem operasi dengan maksud apabila terjadi error yang fatal maka pengguna bisa melakukan install ulang dengan mudah. Kalian bisa menggunakan USB sebagai media untuk membuat install-an sistem operasi dengan tanpa harus repot-repot membeli sebuah CD, dan mudah diterapkan pada jenis komputer yang tidak memiliki tempat CD (CD-ROM).

10 Daftar Aplikasi terbaik pembuat bootable USB untuk Windows 10

Pada tulisan kali ini, minblog akan membagikan sebuah daftar aplikasi yang bisa kalian gunakan pada Windows 10 kalian untuk membuat sebuah Bootable pada USB dengan mudah dan tentunya gratis. Sebagai tambahan, aplikasi yang minblog sebutkan nantinya bisa digunakan untuk membuat bootable Windows / Linux, dan beberapa hanya untuk Linux.

disyaratkan bagi kalian untuk memiliki file Windows atau Linux berformat ISO sebelum membuat sebuah bootable.

 

1. Rufus



Bicara aplikasi pembuat bootable USB, pasti kita tidak akan melewatkan Rufus. Dibadingkan dengan aplikasi bootable USB lainnya, rufus memberikan kemudahan untuk digunakan. Dari sisi tampilan yang sederhana, dan perlu diperhatikan bahwa Rufus sendiri tidak dikhususkan hanya untuk membuat bootable USB saja, namun juga bisa digunakan untuk flashing BIOS. Menarik bukan? oh iya, aplikasi ini juga open-source, gratis, dan sangat mudah digunakan untuk membuat Bootable USB pada Windows 10.

2. PowerISO



Kita lebih mengenal PowerISO sebagai aplikasi pengekstrak (mounting tool) file berformat ISO. Tapi faktanya, PowerISO juga bisa kita manfaatkan sebagai media pembuat sebuah bootable USB. Untuk melakukannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu pergi ke "Create Bootable USB" dan kemudian pilih file ISO yang ingin dibuatkan bootable-nya.

3. Universal USB Installer



Dari nama sudah menunjukkan bahwa ini adalah installer dari USB. Maksudnya dengan aplikasi ini kalian bisa membuat bootable installer sistem operasi (OS) ke dalam USB drive (flasdis). Aplikasi ini bisa membuat sebuah Bootable dari sistem operasi Windows maupun Linux.

4. UNetbootin



Bisa dikatakan ini adalah aplikasi alternatif rufus yang paling dekat, karena tampilan yang diberikan sama sederhananya dengan rufus. Tapi bedanya, si Unetbootin awalnya dibuat hanya untuk membuat bootable dari sistem operasi Linux. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sekarang kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat bootable dari sistem operasi Linux, Windows, dan macOS. Yang membuat Unetbootin lebih unggul ketimbang aplikasi bootable lain adalah, pengguna bisa memilih distribusi OS terupdate dari database yang disediakan, namun hanya berlaku untuk linuxOS.

5. YUMI



Mirip dengan Universal USB Installer dari segi tampilan karena dikembangkan oleh tim yang sama. Aplikasi ini gratis yang mana difungsikan untuk membuat sebuah bootable pada USB drives, seperti flasdis/flashdrive. Keunggulan dari YUMI adalah aplikasi multipleboot support (mendukung banyak bootable) dalam satu USB drive. Kalian bisa membuat bootable windows, linux, macOS, dll dalam satu USB seperti flasdis.

6. WinSetUpFromUSB



Tidak hanya membuat bootable sistem operasi windows, namun WinSetUpFromUSB juga bisa membuat bootable Linux. Fitur tambahan yang ada dalam aplikasi ini seperti boot format, partition scheme, target system, dll bisa kalian manfaatkan.

7. Windows USB/DVD Tool



Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat untuk membuat sebuah bootable Windows dengan mudah pada USB drive. Tidak hanya itu, Windows USB/DVD Tool ini juga bisa membuat a bootable dalam bentuk CD/DVD. Kalian hanya perlu memasang USB, kemudian pilih file ISO sistem operasi yang kalian miliki, kemudian terakhir klik "Create", dan tunggu beberapa saat.

8. RMPrepUSB



Bisa dibilang RMPrepUSB merupakan aplikasi pembuat bootable yang memberi fitur cukup kompleks. Aplikasi ini hadir dengan sejumlah bootloader lain, yang berarti kalian tidak perlu melalui hal-hal manual. Kalian hanya perlu memilih file ISO, memilih sistem Operasi, dan secara otomatis mengatur semua parameter.

9. XBoot



Ini merupakan salah satu aplikasi pembuat bootable gratis yang seharusnya kalian coba. Kenapa minblog?, Dengan Xboot, kalian bisa menggabungkan banyak file ISO. Berarti kalian bisa meletakkan file ISO Windows, antivirus seperti rescue CD, Linux, dll, dalam satu file ISO. Kemudian kalian bisa dengan mudah mengoprasikannya melalui tampilan Xboot yang mana nanti kamu bisa memilih file ISO mana yang akan kalian pakai.

10. WiNToBootic



Terakhir, aplikasi yang bisa kalian coba untuk membuat sebuah bootable adalah WiNToBootic. Meski kurang familiar ditelinga kita, aplikasi ini bisa kalian gunakan tanpa harus menginstallnya di komputer kalian, alias aplikasi portable. Fungsinya juga sama, kalian bisa membuat file bootable USB di dalam flasdis untuk sistem operasi WIndows 7, 8, dan 10 sekalipun dengan mudah.

Demikianlah 10 daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah bootable USB. Semua aplikasi di atas bisa diterapkan untuk Windows 10, namun hanya beberapa yang bisa kalian gunakan untuk membuat bootable Linux. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: