Buletin
Memuat...
10 Aplikasi Mounting File ISO Terbaik yang Bisa Digunakan di Windows 10

10 Aplikasi Mounting File ISO Terbaik yang Bisa Digunakan di Windows 10


Dalam dunia komputer istilah
mount tidak asing di telinga seorang yang hobi install aplikasi. Mount atau mounting atau dalam bahasa Indonesianya adalah mengekstrak, merupakan suatu kegiatan membungkus banyak file data menjadi satu file dengan tujuan sebagai berikut:
  • Sebagai pengganti CD atau DVD (dalam bentuk virtual);
  • Backup data;
  • Mengurangi resiko kerusakan;
  • Menjaga keamanan data.
Jika kalian pernah mendownload aplikasi disebuah situs dengan ukuran besar, biasanya kalian akan mendapatkan file berekstensi ISOUntuk melihat atau memasang aplikasi dalam bentuk ISO file, maka kalian harus mengekstrak (mounting) terlebih dahulu untuk menemukan file installernya (exe file). Untuk itu kalian memerlukan aplikasi yang biasa disebut iso mounter. Pada artikel kali ini, minblog ingin membagikan beberapa aplikasi mount terbaik yang bisa kalian gunakan di windows 10.

10 aplikasi terbaik untuk mounting file ISO di windows 10 tahun 2021

Berikut ini minblog sebutkan 10 aplikasi mounting terbaik yang bisa kalian gunakan pada windows 10 dan pastinya gratis.

1. Microsoft Virtual CD ROM Control Panel


Kita awali dengan aplikasi mounting bernama Virtual CD ROM Control Panel yang dikelurkan oleh Microsoft. Aplikasi ini bisa dibilang sudah lama karena dirilis pada tahun 2013. Dengan tampilan yang sederhana namun tidak menghilangkan fungsinya sebagai ISO Mounter. Kalian bisa menggunakannya pada Windows XP, Vista, Windows 7 dan tentunya Windows 10.

Cara mengaksesnya juga mudah, kalian cukup klik dobel saja. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah ukuran filenya yang kecil, ringan, dan efisian. Selain itu aplikasi ini juga portable dan bisa dijalankan melalui flasdis sekalipun.

2. Daemon Tools Lite


Aplikasi dengan ukuran sekitar 800KB ini merupakan aplikasi mounting yang sederhana namun bermakna. Daemon Tools Lite membantu kalian dalam merubah aplikasi ke dalam ISO file dengan mudah. Kalian bisa membuat back up an file dari aplikasi yang kalian beli dalam bentuk kaset ke dalam virtual disc (ISO) langsung dari hardis kalian. Selain itu, dengan aplikasi ini kalian bisa membuat proteksi pada file iso tersebut.

Fitur lainnya adalah memungkinkan kalian membuat file berekstensi .mds.

3. Gizmo Drive


Gizmo Drive merupakan aplikasi simulator virtual yang digunakan untuk membuat perlindungan pada
hardisk images dengan GDRIVE format. Gizmo Drive juga mendukung format standar image seperti ISO, VHD, BIN, IMG, NRG, CCD, MDS, dan MDF.

4. WinCDEmu

Aplikasi open-source satu ini memungkinkan kalian memounting dengan mudah hanya melalui windows explorer. Dengan WinCDEmu, kalian dengan mudah menggunakan file unduhan berformat ISO tanpa harus melalui proses burning terlebih dahulu. Fitur-fitur yang kalian dapat dari aplikasi ini adalah:
  • one-click mounting ISO, CUE, NRG, MDS/MDF, CCD, IMG.
  • Mendukung jumlah drive virtual yang tidak terbatas.
  • mendukung 32 bit dan 64 bit
  • ukuran kecil, hanya 2MB!
  • Dukungan lebih dari 20 bahasa.
  • Tersedia versi portable.
  • dan lain-lain ..........

5. ImDisk Toolkit


ImDisk Toolkit merupakan
aplikasi mounting ISO yang gratis dan open-source yang bisa kalian pilih untuk digunakan pada Windows 10. Dukungan format image disk sangat banyak. Fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi ini selain yang disebutkan di atas adalah kalian bisa membuat sebuah virtual disk pada virtual memori, mounting file dalam mode read-only, dll.

6. Power ISO


Power ISO
, saya yakin banyak dari pembaca kenal dengan aplikasi mounting satu ini. Pasalnya aplikasi ini sangat populer diberbagai situs tutorial. Fitur dari aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari membuka, mengekstrak, membakar, membuat, mengedit, mengompres, enkripsi, memisahkan dan tentunya konversi file ISO. Hampir semua jenis file image CD/DVD/Bluray termasuk ISO dan BIN dapat diproses oleh aplikasi satu ini. Pokoknya paket komplit jika kalian menggunakan Power ISO dalam hal ISO file.

7. Virtual CloneDrive


Aplikasi VirtualDrive mendukung hampir semua format image seperti ISO,IMG,CUE,NRG,BIN. Aplikasi mounting ini memungkinkan penggunanya membuat virtual drive secara tak terbatas menjadi file ISO. Virtual CloneDrive juga menyimpan semua riwayat proses mounting ISO.

8. ISO Workshop


Jika kalian mencari aplikasi mounting gratis dan simpel, kalian bisa memilih si ISO Workshop. Memiliki antarmuka yang bersih dan sederhana, kamu tetap bisa membuat file ISO, mengekstrak file berformat ISO, dan membuat file backup.

9. OSFMount

Dengan aplikasi OSFMount, kalian bisa dengan cepat menganalisis sebuah disk image (ISO) dengan fitur PasssMark OSForensics.

10. DVDFab

DVDFab merupakan salah aplikasi emulator mounting terbaik yang bisa kalian gunakan pada windows 10. Dengan DVDFab, kalian menduplikasi (emulating) maksimal 18 drive.

Pertanyaan seputar ISO Mounter

(1). Apakah aman apabila kita menggunakan aplikasi mounting yang telah disebutkan di atas?
Insya Allah aplikasi mounting yang saya sebutkan di atas aman untuk digunakan.

(2). Bisakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk burning file ISO?
Tidak semua, hanya beberapa saja.

Demikianlah 10 aplikasi mounting File ISO terbaik yang bisa kalian gunakan untuk membuat dan mengekstrak file berekstensi ISO di windows 10. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: