Buletin
Memuat...
Cara Menjadikan HP Android Sebagai Mikrofon Komputer/Laptop Menggunakan USB

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Mikrofon Komputer/Laptop Menggunakan USB



Rizqi Maharantau Blog -  Assalamu'alaikum sobat blogger. Pada kesempatan kali ini, minblog ingin menuliskan sebuah tutorial yang menarik untuk dibaca khusus untuk guru atau youtuber yang ingin membuat konten dengan menggunakan rekaman suara. Kenapa saya bilang menarik?, karena pada tutorial kali ini kita akan menjadikan hp android sebagai microfon dengan bantuan USB.

Sebelum melangkah ke tutorial, minblog ingin bercerita sedikit. Latar belakang saya membuat tutorial ini adalah saya membaca website bertema teknologi dari luar. Di sana dibahas tentang bagaimana menjadikan ponsel android sebagai microfon via bluetooth. Saya download aplikasi androidnya kemudian saya ikuti tutorialnya. Ternyata work!. Saya meilhat di aplikasi tersebut ada pengaturan untuk manjadikan ponsel android sebagai mikrofon namun dengan cara lain yaitu menggunakan USB saja. Saya berfikir tidak semua laptop memiliki bluetooth internal (bawaan) laptop khusus laptop jadul, tapi lubang USB saya yakin pasti ada semua.

Di atas juga saya sebutkan bahwa tutorial ini menarik untuk para guru atau pembuat konten yang menggunakan hasil rekaman suara sebagai pendukung video. Sebagus-bagusnya laptop yang orang miliki, masih saja banyak orang memilih untuk menggunakan mikrofon eksternal untuk merekam suara. Yang paling banyak digunakan adalah menggunakan earphone, headset. Alasannya karena memang ketika kita mereka suara menggunakan headset atau eraphone suara yang dihasilakan lebih jelas dan bersih. Ini bisa dikarenakan fitur peredam kebisingan yang ada pada produk earphone tersebut.

Maka dari itu minblog ingin berbagi cara merekam suara dengan cukup menggunakan android. Ya mungkin bisa dibilang ribet, tapi maksud dan tujuan minblog di sini hanya untuk berbagi cara, agar menambah wawasan.

Menggunakan HP Android sebagai mikrofon komputer

Pertama kalian harus melengkapi syarat-syarat di bawah ini agar tutorial ini berjalan dengan lancar.
  • Pastikan laptop/komputer kalian sudah terpasang USB driver android.
  • Sudah mengunduh aplikasi klien WO mic dan drivernya.
  • Unduh aplikasi WO mic di android kalian.
Jika persyaratan di atas sudah terpenuhi mari kita masuk ke tutorialnya.

Langkah-langkah menjadikan hp android sebagai mikrofon komputer

Langkah 1. Setelah kalian mengunduh aplikasi klien WO Mic untuk komputer dan ponsel kalian, maka selanjutnya buka aplikasi yang di hp dulu.

Langkah 2. Pada halaman awal, silahkan melakukan pengaturan dulu dengan menekan logo gir di kanan atas.



Langkah 3. Pilih bagian 'Transport' yaitu 'USB'.



Langkah 4. Kemudian pilih  'Audio source' adalah 'Mic (mode 1)'. Kalian juga bisa memilih yang lain.



Langkah 5. Jika sudah melakukan 3 langkah di atas, sekarang waktunya buka aplikasi klien WO mic di komputer (pastikan sudah kalian install bersama drivernya).

Langkah 6. Buka aplikasi WO Mic Client pada komputer kalian. Kemudian pilih menu Connection di bagian pojok kiri atas.

Langkah 7. Setelah terbuka jendela baru, pilih Tranport type nya adalah "USB". Klik connect.



Langkah 8. Ketika aplikasi dikomputer loading, silahkan klik connect (tanda segitiga) juga pada aplikasi di hp. Maka (jika pengaturan dari awal kalian lakukan dengan benar) akan tersambung.

Demikian tutorial menjadikan hp android sebagai mikrofon untuk komputer Windows 10. Jika ada kendala silahkan ditanyakan di kolom komentar. Minblog ucapkan terima kasih.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: