Buletin
Memuat...
Cara Mematikan Update Otomatis pada Windows 10 Secara Permanen

Cara Mematikan Update Otomatis pada Windows 10 Secara Permanen


Bicara tentang
layanan update otomatis pada Windows 10, kita akan membahas tentang bagaimana cara atau langkah-langkah untuk mematikan layanan tersebut. Namun sebelum melaju ke sana, kita akan membahas terlebih dahulu tentang layanan update ini.

Bagi kalian pengguna sistem operasi Windows pasti sangat tau dengan fitur yang diberikan oleh sistem operasi ini, khusunya versi terbaru yaitu Windows 10. Pada Windows 10, banyak sekali perubahan dan perbaikan yang bisa dirasakan penggunanya mulai dari tampilan hingga sistem kinerjanya. Kenapa bisa seperti itu? ya karena Windows selalu memberikan pembaruan rutin untuk menampal bugs yang ada pada sistem operasinya. Windows 10 akan melakukan pengecekan otomatis ketika tersambung ke jaringan internet. Apabila ada pembaruan maka akan segera di pasang di komputer atau laptop kita.

Sebenarnya ini sangat bermanfaat buat komputer kita yang menggunakan sistem operasi yang selalu ada perbaikan di dalamnya. Namun dibalik itu semua, ada beberapa orang diluar sana, atau mengkin pembaca yang terkadang agak kualahan tentang adanya layanan update otomatis ini. Banyak sekali yang menjadi faktor, contoh jika update otomatis berjalan kadang speed internet jadi kebagi alias slow. Kemudian bagi yang menggunakan kuota, terkadang update an tetap berjalan sehingga membuat kuota cepat habis.

Sebenarnya pada sistem operasi sebelum Windows 10, layanan update otomatis ini bisa dimatikan, namun entah kenapa pada sekarang di Windows 10 tidak ada fitur untuk mematikan update otomatis ini. Adanya hanya fitur Pause, itupun menggunakan jangka waktu.

Mematikan Layanan Update Otomatis pada Windows 10 Secara Permanen

Jadi, atas dasar permasalah di atas, minblog ingin memberikan sedikit solusi agar bisa menghemat kuota internet kalian. Di sini akan saya tuliskan langkah-langkah mematikan layanan update otomatis pada Windows 10 secara permanen. Namun perlu diperhatikan, jika layanan ini dimatikan, maka kalian tidak akan merasakan fitur atau perbaikan yang kedepannya bisa membuat sistem kinerja sistem operasi membaik.

Baiklah langsung saja, berikut tutorialnya:

Langkah 1. Mari buka terlebih dahulu fitur kotak RUN dengan menekan di keyboard  'Logo Windows + R'. Maka kalian akan melihat tampilan seperti di bawah ini.



Langkah 2. masukkan kata 'services.msc' dan Enter. Atau mudahnya kalian cari saja di kotak pencarian dengan mengetikkan 'services', maka akan muncul layanan tersebut. Dan klik / OK.




Langkah 3. Setelah terbuka jendela Services, cari 'Windows Update', kemudian klik 2x makan akan muncul jendela baru.



Langkah 4. Pilih 'Disabled' pada kolom 'Startup type:'. Kemudian klik OK.



Langkah 5. Setelah itu cari lagi 'Background Intelligent Transfer'. Kemudian sama klik 2x juga. Pilih 'Disabled'. Lanjut OK.



Langkah 6. Kemudian masih di jendela Service.msc, cari lagi 'Delivery Optimization', klik 2x dan pilih 'Disabled'. Lalu OK.



Langkah tersebut selesai. Silahkan tutup jendela services.msc dan kemudian restart komputer atau laptop kalian. Maka hasilnya tidak ada lagi update otomatis. Jika kalian ingin mengaktifkan lagi cukup ulangi langkah di atas, pilih 'Startup type:' adalah 'Automatic'.

Demikianlah tutorial singkat yang bisa kalian lakukan untuk mematikan Update Otomatis pada Windows 10 secara permanen. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: