RIZQI MAHARANTAU BLOG

BLOG INFORMATIF SEPUTAR TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Sekilas info

Oktober 16, 2020

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Pada tulisan sebelumnya, minblog menulis tentang Pertanyaan dan Jawaban Seputar Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Kali ini minblog akan meneruskan artikel atau tulisan yang masih berkaitan dengan pertanyaan dan jawaban seputar pembinaan guru namun dengan topik berbeda yaitu seputar Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang disingkat NUPTK.

NUPTK itu sendiri merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan. NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.


GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Setelah melalui proses verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud, bagi GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi, setelah lolos verifikasi oleh Disdik selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh LPMP dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut.

Berkaitan dengan pemaparan di atas, ada beberapa pertanyaan dan jawaban yang telah dirangkum untuk tujuan memudahkan pembaca khusunya yang bergelut di dunia pendidikan agar bisa menjadi referensi menjawab pertanyaan-pertanyaan jika ada teman-teman yang lain belum mengetahui sepenuhnya apa itu NUPTK.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

1. Apa yang dimaksud dengan NUPTK?

Jawab:
NUPTK kepanjangan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan NUPTK ini menjadi PTK ID bagi setiap Guru maupun Tenaga Kependidikan sebagai legalitas.

2. Siapa saja yang berhak untuk mendapatkan NUPTK?

Jawab:
NUPTK diberikan Bagi Guru/ Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang sudah melaksanakan tugas minimal 2 tahun mengajar.

3. Instansi apa yang menerbitkan NUPTK?

Jawab:
NUPTK diterbitkan oleh PDSPK (Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4. Satu (1) NUPTK dimiliki oleh dua (2) guru. Bagaimana hal ini diperbaiki?

Jawab:
Melakukan verval NUPTK pada Aplikasi Verval PTK PDSPK, setelah itu melakukan perbaikan data NUPTK pada SIMTUN, dan berkoordinasi juga dengan operator dapodik sekolah, dapodik kab/kota/provinsi maupun dapodik pusat.


Demikian penjelasan singkat tentang NUPTK dan beberapa pertanyaan serta jawaban mengenai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) yang bisa minblog sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar