RIZQI MAHARANTAU BLOG

BLOG INFORMATIF SEPUTAR TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Sekilas info

Oktober 08, 2020

Pengajuan NUPTK pada Verval PTK 2020

Assalamu'alaikum para pendidik. Selamat datang kembali di blog ini. Pada kesembatan kali ini, minblog akan memberikan tata cara pengajuan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) terbaru. Ini sangat penting sekali mengingat NUPTK berkaitan dengan kelengkapan administrasi untuk para pendidikan dan tenaga kependidikan.

Baru-baru ini di tahun 2020, pihak Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudyaaan melakukan penyegaran terhadap web verval PTK, yang mana sebelumnya pada bulan Juli hingga Agustus 2020 (jika tidak salah) verval PTK lama tidak memunculkan menu-menu untuk pengajuan NUPTK. Bisa dipastikan karena ada perbaikan.

Berkaitan dengan pembaruan situs verval PTK, minblog ingin memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang harus ditempuh untuk bisa mendapatkan NUPTK di tahun 2020 ini khususnya infromasi ini sangat penting sekali bagi Operator Sekolah seperti saya, dan kawan-kawan di luar sana.

Sebelum melangkah lebih jauh, minblog ingin mengingatkan kembali mengenai syarat-syarat harus dipersipkan sebelum mengajukan NUPTK ke verval PTK.

Syarat-syarat pengajuan NUPTK 2020:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. Ijazah dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan terakhir;
  3. Bukti memiliki kualifikasi akademik paling rendah diploma IV (D-IV) atau strata 1 (S-1) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Formal;
  4. Bagi yang berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) melampirkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS atau PNS; dan SK penugasan dari Dinas Pendidikan;
  5. Surat keputusan pengangkatan dari kepala Dinas Pendidikan bagi yang berstatus bukan PNS yang bertugas pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah;dan
  6. Telah bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun secara terus menerus bagi yang berstatus bukan PNS pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang dibuktikan melalui surat keputusan pengangkatan dari ketua yayasan atau badan hukum lainnya.
Kolom unggah persyaratan

Setelah anda melengkapi persyaratan yang disebutkan di atas, maka selanjutnya bawa ke Operator Sekolah di satuan pendidikan masing-masing untuk dilakukan scanning pada berkas persyaratan tersebut. Lebih baik lagi jika anda sudah melakukan scanning sendiri. Karena yang akan diunggah adalah file hasil scanning berkas dalam format PDF.

Langkah-langkah pengajuan NUPTK 2020 oleh Operator Sekolah

Langkah 1. Setelah anda (OPS) menerima persyaratan yang sudah lengkap. Selanjutnya akses alamat situs verval PTK di vervalptk.data.kemendikbud.go.id.

Langkah 2. Setelah terbuka, silahkan masuk/login dengan akun yang sudah pernah didaftarkan di SDM data.



Langkah 3. Maka anda akan ditujukan ke halaman baru dari verval PTK. Selanjutnya pergi ke menu sebelah kiri dan klik 'Pengajuan NUPTK'.



Langkah 4. Setelah itu muncul daftar PTK calon penerima NUPTK. Silahkan klik 'Ajukan NUPTK' sesuai dengan nama PTK yang ingin diajukan NUPTKnya.


Langkah 5. Beberapa saat akan muncul jendela baru berisi kolom unggah berkas. Silahkan unggah berkas sesuai dengan perintah yang diminta. Pastikan semua berkas sudah berformat PDF dan tidak melebihi 2MB.


Langkah 6. Jika sudah selesai mengunggah berkas. Para operator sekolah bisa memantau progress verifikasi di kolom sebelah kiri bagian 'Status Pengajuan NUPTK'.



Jika syarat lengkap, dan prosedur benar, maka Insya Allah akan diproses dengan cepat. Namun jika gagal pastikan para operator sekolah melihat catatan pada grafik progress pengajuan agar tahu perbaikan apa yang harus dilakukan. Pengalaman minblog, setelah unggah berkas segera hubungi Operator Dapodik Dinas Provinsi, karena merekalah verifikator tahap pertama.


Jadi, demikianlah info mengenai pengajuan NUPTK pada Verval PTK 2020. Semoga bermanfaat, silhkan jika ada pertanyaan bisa menulisnya di kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar