RIZQI MAHARANTAU BLOG

BLOG INFORMATIF SEPUTAR TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Sekilas info

Oktober 13, 2020

Cara Mudah Update dan Reinstall Drivers pada Windows 10


Windows 10 merupakan sistem operasi komputer terpopuler saat ini mengingat fitur-fitur yang tersemat di dalamnya sangat banyak dan bermanfaat. Versi terbaru dari Windows 10 saat ini memasang driver yang diperlukan secara otomatis. Tapi, jika kalian menggunakan yang versi bajakan, kalian perlu memperbarui driver secara manual.

Pada tulisan kali ini, minblog ingin berbagi cara update dan reinstall driver pada Windows 10. Tujuannya adalah dengan kalian mengupdate driver bisa membuat sistem operasi berjalan lebih lancar.

Cara update dan reinstall drivers di komputer bersistem operasi Windows 10

Sebenarnya ada beberapa cara atau metode yang bisa kalian lakukan jika ingin mengupdate driver atau reinstall (menginstall ulang) drivers yang sudah ada. Kalian bisa melakukan dengan melalui Device Manager, bisa juga Command Prompt, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di internet, mulai yang gratis hingga berbayar.

Baik, langsung saja, mari simak penjelasannya di bawah ini:

1. Update drivers melalui Device Manager

Cara berikut sangatlah mudah, kalian hanya ikuti beberapa langkah yang akan minblog tuliskan di bawah ini, pastikan kalian ikuti sesuai prosedur.

Langkah 1.

Klik kanan pada 'This PC' di layar desktop komputer kalian dan kemudian pilih 'Properties'. Jika kalian tidak melihat This PC pada desktop, kalian bisa membuka 'File Explorer' dan klik This PC pada file explorer tersebut.



Langkah 2.

Selanjutnya kalian akan melihat tampilan jendela baru, perhatikan di sebelah kiri, klik 'Device Manager'. Beberapa saat akan muncul jendela baru lebih kecil.


Langkah 3.

Sekarang kalian hanya tinggal memilih driver mana yang ingin kamu update. Klik kanan pada driver tersebut, dan pilih 'Update driver'.


Langkah 4.

Kalian akan ditanya apakah ingin mengupdate secara otomatis melalui internet (jika iya maka pilih 'Search automatically for update driver software') atau mengupdate secara manual dengan syarat kalian sudah punya file yang tersimpan di hard drive kalian. Di sini minblog rekomendasikan menggunakan internet jika ingin melakukan pembaruan, karena itu lebih mudah.


Sampai di sini kalian telah berhasil mengupdate driver setelah beberapa saat menunggu proses download dan install.

2. Reinstall drivers di Windows 10

Terkadang komputer kalian tiba-tiba mengalami masalah yang tak biasa, bisa terjadi setelah update driver, maka kalian perlu untuk reinstall (memasang ulang) driver tersebut. Caranya cukup mudah. Mari simak penjelasannya di bawah ini:

Langkah 1.

Sama halnya kita ingin mengupdate driver yaitu klik kanan pada 'This PC'. Selanjutnya pilih 'Properties'.

Langkah 2.

Pilih 'Device Manager' pada menu sebelah kiri. Dan akan muncul jendela baru. Pilih driver yang dimungkinkan memunculkan masalah pada komputer kalian dengan klik kanan dan pilih 'Uninstall device'.



Langkah 3.

Untuk memasang ulang (reinstall) cukup dengan merestart komputer kalian.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Di internet banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk mengupdate driver secara mudah pada Windows 10. Cara kerja dari aplikasi tersebut adalah dengan melakukan scanning pada sistem dan apabila ditemukan driver yang usang, secara otomatis aplikasi tersebut melakukan installing dengan versi paling baru. Contoh aplikasi tersebut adalah DriverPack Solution, DriverMax, Iobit Driver Booster, Driver Easy, dan masih banyak lagi.


Demikian ulasan mengenai Cara Mudah Update dan Reinstall Drivers pada Windows 10 yang bisa kalian lakukan. Semoga tulisan kali ini memberi manfaat, dan bagikan agar banyak orang diluar sana bisa mempelajarinya tanpa harus ke tukang servis. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar