Buletin
Memuat...
Cara Menghilangkan Iklan dengan Memasang AdGuard DNS pada Windows 10

Cara Menghilangkan Iklan dengan Memasang AdGuard DNS pada Windows 10


Bicara soal iklan, memang bisa dibilang itu merupakan suatu yang mengganggu. Selain itu, iklan juga bisa membuat komputer kita lemot. Ditambah lagi perangkat komputer kita memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Mungkin sebagian dari pembaca paham tentang iklan yang saya maksud, sebagian lagi masih belum mengerti iklan yang dimaksud.

Contoh kasus di sini kalian menggunakan browser Google Chrome sebagai alat berselancar di internet. Kalian ingin mengunduh aplikasi yang mana situs penyedia aplikasi tersebut memberikan ruang download yang penuh dengan iklan yang tiba-tiba muncul, atau disebut iklan pop-up. Kalian pasti lelah berusaha untuk menutup iklan-iklan tersebut, alhasil kalian malah mengunduh aplikasi yang tidak diinginkan sehingga terpasang dan selanjutnya akan membuat kinerja komputer bertambah.

Bagi yang sudah paham tentang dunia internet, kita bisa menghilangkan iklan atau mencegah iklan tersebut muncul dengan sebuah ekstensi ad blocker (pencekal iklan) yang bisa kita pasang pada browser seperti Chrome dan Firefox. Dengan terpasangnya ekstensi tersebut, kalian dengan mudah mencekal iklan yang muncul tiba-tiba dengan sangat mudah. Cara lain yaitu bisa dengan memasang aplikasi anti-adware pada komputer.

Bagaimana jika tanpa memasang aplikasi atau ekstensi? apakah bisa menghilangkan iklan?. Jawabannya ya bisa. Yaitu dengan melakukan pengaturan pada DNS. Jadi pada tulisan kali ini, saya akan membagikan cara menghilangkan iklan dari semua aplikasi windows, website, game, dan lain-lain.

Menghilangkan Iklan dengan AdGuard DNS

Untuk menghilangkan iklan pada Windows 10, kita akan menggunakan AdGuard DNS. Mari simak ulasannya.

Apa itu AdGuard DNS?

Secara umum, AdGuard DNS adalah sebuah cara yang paling mudah untuk menghilangkan iklan pada sistem operasi Windows 10. Uniknya AdGuard DNS ini gratis dan mudah digunakan. Kalian di sini tidak perlu mennginstall atau memasang klien DNS untuk membasmi iklan.

Memang banyak dari kita tidak memperdulikan kemananan privasi, yang penting happy. Tapi apa salahnya kita mencoba untuk berhati-hati dalam menelusuri dunia maya. Dengan AdGuard DNS, kalian tidak perlu khawatir dengan tracker dari setiap website yang kalian kunjungi.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah menggunakan AdGuard DNS pada Windows 10, silahkan ketahui dulu fitur dari AdGuard DNS ini:
  • Memblokir iklan dari sumber mana saja, apakah itu dari aplikasi, browser, game, situs, dll.
  • Mencekal / menghilangkan aplikasi pelacak nakal (online tracker)dari sebuah situs.
  • Memblokir semua situs dewasa.
  • Tidak perlu instalasi, dan gratis tentunya.

Langkah memasang dan menggunakan AdGuard DNS pada Windows 10

Prosesnya sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama.

Langkah 1. Silahkan buka 'Settings' pada Windows 10 yang kalian gunakan dengan cara klik kiri logo Windows di pojok kiri bawah. Kemudian klik gambar 'gear'.



Langkah 2. Setelah masuk ke halaman settings, klik 'Network & Internet'.


Langkah 3. Selanjutnya cari ke bawah, dan klik 'Change Adapter Settings'.


Langkah 4. Kemudian klik kanan pada jaringan / koneksi yang sedang digunakan. Pilih 'Properties'.


Langkah 5. Cari dan klik kiri 2x 'Internet Protocol Version 4 (TCP/IP)'.



Langkah 6. Centang Use the following DNS server addresses: dan isikan:

Untuk memblokir iklan silhkan masukkan Preferred DNS server: 94.140.14.14 dan Alternative DNS server: 94.140.15.15. Sedangkan untuk memblokir situs dewasa silahkan masukkan Preferred DNS server: 94.140.14.15 dan Alternatif DNS server: 94.140.15.16.


Langkah 7. Jangan lupa untuk menekan OK.


Selesai. Kalian baru saja mengatur AdGuard DNS untuk menghilangkan iklan pada Windows 10. Jika kalian menggunakan intenet dari ponsel (tethering), kalian juga bisa memasang DNS Private pada pengaturan DNS di ponsel Android.

Demikian tulisan tentang tutorial menghilangkan iklan pada Windows 10 dengan AdGuard DNS. Semoga bermanfaat dan terima kasih

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: