RIZQI MAHARANTAU BLOG

BLOG INFORMATIF SEPUTAR TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Sekilas info

Oktober 14, 2020

Cara Mengaktifkan Opsi Safe Mode pada Windows 10


Masih ingat dengan tombol F8 ketika pertama kali menghidupkan komputer? bagi kalian yang sudah lama bergelut di dunia perkomputeran pasti tahu fungsi dari tombol tersebut. Ya, tombol tersebut merupakan shortkey menuju Menu Safe Mode. Jika kalian pernah menggunakan sistem operasi Windows XP atau Windows 8, kemudian kalian mengalami sebuah error pada sistem, kalian akan mencoba memperbaikinya dengan menggunakan pilihan mode aman (safe mode).

Namun, saat ini Microsoft menghapus opsi boot ini pada Windows 10. Walaupun sebenarnya kalian bisa mengakses safe mode di Windows 10 dengan sedikit 'cara nakal'.

Mengaktifkan Opsi Safe Mode pada Windows 10

Baik, pada artikel ini, minblog akan membagikan secara rinci dan dengan bahasa yang mudah dipahami tentang bagaimana menambahkan/mengaktifkan mode aman (safe mode) pada Windows 10. Cara ini mungkin sudah banyak kalian temukan di blog dan situs diluar sana, namun di sini minblog akan menulis dengan bahasa dan rangkaian kata sendiri. Mari simak penjelasannya:

Menambahkan Opsi Safe Mode melalui Command Prompt

Pada cara pertama ini, kita memanfaatkan fitur Command Prompt pada Windows 10. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1. Buka dulu Command Prompt sebagai admin yaitu bisa melalui kotak pencarian pada Windows 10, ketik Command kemudian klik kanan dan pilih 'Run as administrator'.



Langkah 2. Setelah muncul jendela Command Prompt, ketikkan perintah di bawah ini (perhatikan penulisannya), kemudian Enter.

bcdedit /copy {current} /d “Windows 10 Safe Mode”



Langkah 3. Jika kalian ingin memunculkan opsi Safe mode yang lain seperti 'Safe Mode with Networking', maka ketikkan perintah di bawah ini pada jendela Command Prompt, kemudian Enter.

bcdedit /copy {current} /d “Safe Mode with Networking”



Langkah 4. Kemudian jika ingin menambahkan 'Safe Mode with a Command Prompt', cukup ketikkan perintah di bawah ini, lalu Enter.

bcdedit /copy {current} /d “Safe Mode with Command Prompt”



Sampai tahap ini, kalian telah berhasil menambhakan opsi menu pada safe mode melalui Command Prompt. Mudah kan? Selanjutnya kita akan melakukan tahap kedua.

Konfigurasi Sistem (System Configuration)

Tahap kedua ini, kita akan sedikit melakukan konfigurasi pada boot yang telah kita buat di atas tadi, dengan alat yang namanya 'System Configuration'. Untuk melakukannya, silahkan simak langkahnya di bawah ini.

Langkah 1. Cari dan buka 'System Configuration' melalui kotak pencarian pada Windows 10.



Langkah 2. Kemudian pilih tab 'Boot'.
Langkah 3. Setelah kamu pilih, pilih "Windows 10 Safe Mode".
Langkah 4. Kemudian lakukan konfigurasi di bawahnya. Beri ceklis pada 'Safe boot', kemudian pilih 'Minimal'. Selanjutnya beri ceklis juga pada "Make all boot setting permanent" apabila belum di ceklis. Kemudian klik 'Apply'  atau 'OK'. Silahkan mulai ulang komputer anda (restart).



Selesai. Kalian akan melihat opsi menu pada saat proses booting. Lakukan konfigurasi pada semua opsi menu safe mode yang kalian buat melalui Command Prompt tadi, maka kalian akan melihat semua opsi menu safe mode pada saat menghidupkan komputer.


Demikianlah tulisan kali ini saya minblog bisa bagikan ke kalian. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu dan bisa menjadi modal untuk membantu orang lain ketika komputer mereka atau komputer kalian sendiri mendapati masalah. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar