Tutorial Bagaimana Cara Mengecilkan Ukuran Gambar dengan Microsoft Word

Tutorial Bagaimana Cara Mengecilkan Ukuran Gambar dengan Microsoft Word


Bagi kalian pengguna Microsoft Office, kalian pasti tidak asing dengan Microsoft Word. Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata terpopuler yang tersedia untuk komputer desktop. Dibandingkan dengan produk pengolah kata yang lain, Microsoft Word punya banyak fitur. Dari sekian banyak fitur, Microsoft word bisa kalian gunakan untuk mengecilkan (compressing) sebuah gambar.

Mengecilkan Ukuran Gambar dengan Microsoft Word

Kalian tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga jika ingin mengecilkan gambar melalui komputer. Pada artikel di bawah ini, minblog akan membagikan langkah-langkah secara lengkap tentang bagaimana mengecilkan/compressing sebuah gambar hanya dengan Microsoft word.

Cara berikut bisa kalian terapkan pada semua versi Microsoft word. Langsung saja kita bahas bagaimana mengompres gambar menggunakan Microsoft word pada komputer bersistem operasi Windows 10.
Di sini admin menggunakan Microsoft Office Word 2019 Pro Plus, silahkan menyesuaikan saja apabila versi Microsoft Office kalian berbeda.

Langkah 1. Pertama-tama buka aplikasi Microsoft word dan kemudian pilih dokumen kosong (blank document). Bisa juga dengan klik kanan pada layar desktop, kemudian pilih New, kemudian pilih Microsoft Office Word Document.

New - Microsoft Office Word Document

Langkah 2. Setelah terbuka, pilih tab 'Insert' dan klik 'Pictures'.

Memasukkan gambar ke dalam lembar dokumen word

Langkah 3. Kemudian muncul jendela baru, cari dan pilih gambar yang akan kalian kompres/kecilkan ukurannya.

Langkah 4. Setelah gambar sudah terpilih, klik pada gambar, maka akan muncul tab baru di atas dengan nama 'Format', silahkan diklik tab tersebut/ cara mudahnya klik saja gambar yang kalian pilih 2x, maka otomatis akan berpindah ke tab Format. Kemudian cari dan klik ikon 'Compress Pictures'.

Klik gambar 2x - Tab Format - Klik Ikon Compress Pictures

Langkah 5. Setelah diklik, maka akan muncul menu pop-up, pilih resolusi gambar sesuai dengan tujuan. (lihat gambar)

Opsi pemilihan untuk merubah ukuran file gambar

Langkah 6. Setelah itu, kalian simpan dengan cara klik File > Save As, dan pilih Save as type nya dengan 'Web Page'.

Save as - Save as type - Web Page

Langkah 7. Sekarang kalian buka folder dimana kalian meletakkan file yang sudah tersimpan tadi. Maka kalian akan melihat gambar yang sudah terkompres atau berubah ukurannya.

Hasil gambar yang sudah terkompress

Langkah selesai, kalian berhasil mengecilkan ukuran gambar dengan hanya menggunakan Microsoft word. Terima kasih, jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman kalian.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: