Tutorial Android: Exodus, Cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja yang Melacak Android Kamu

Tutorial Android: Exodus, Cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja yang Melacak Android Kamu


Bermula dari iOS 14 yang tidak lama dirilis tahun ini, Apple menampilkan infromasi detail dari setiap aplikasi yang tersedia di Apple App Store. Pada iOS 14 ini, fitur privacy baru memudahkan kalian untuk mengetahui data apa saja yang digunakan oleh aplikasi untuk melacak kalian, atau mengakses sesuatu dari hp kalian. Bagaimana dengan Android?

Sampai saat ini belum ada fitur khusus bawaan sistem operasi Android yang berfungsi sama dengan yang ada di iOS 14 yaitu mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan data untuk melacak kalian. Namun, kita bisa mnggunakan aplikasi yang ada di Playstore untuk memerikasa aplikasi-aplikasi yang terinstall di android. Aplikasi itu adalah 'Exodus'.

Exodus merupakan aplikasi untuk Android yang memiliki kegunaan untuk menampilkan semua aplikasi yang digunakan untuk melacak kalian. Selain itu Exodus juga membantu kalian untuk mengetahui semua jenis perizinan (permissions) yang disyaratkan oleh aplikasi yang telah terpasang di android. Jadi kesimpulannya adalah Exodus adalah sebuah aplikasi yang membantu untuk mengetahui trackers dan perizinan yang tersemat dalam aplikasi yang sudah terpasang di perangkat android kalian.

Mengetahui Aplikasi Apa Saja yang Melacak Androidmu

Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan secara detail cara penggunaan aplikasi 'Exodus' untuk mengetahui berapa banyak data yang digunakan aplikasi trackers untuk mencari tahu tentangmu.

Langkah 1. Unduh dan pasang aplikasi Exodus pada ponsel Android milikmu.

Exodus

Langkah 2. setelah terpasang, buka aplikasi Exodus dan tunggu sampai aplikasi tersebut mendapatkan semua informasi.


Langkah 3. Jika sudah, klik salah satu aplikasi yang ingin kamu ketahui detailnya.
Langkah 4. Pada contoh berikut ini, kami mencari tahu tentang WhatsApp, aplikasi percakapan yang sedang ngetren saat ini. Aplikasi tersebut menggunakan 1 tracker dan 59 perizinan.


Langkah 5. Selanjutnya scrol ke bawah untuk melihat detail perizinan (permissions) dari aplikasi yang terpasang.


Nah cara di atas bisa kalian gunakan untuk mencari tahu informasi secara detail yang digunakan oleh setiap aplikasi yang terpasang di Android kalian. Sehingga kalian mengetahui berapa banyak data yang digunakan untuk melacak ponsel mu.

Demikian cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja yang Melacak Androidmu menggunakan Exodus. Semoga bisa bermanfaat dan merupakan ilmu baru untuk kalian semua. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: