Cara Otomatis Input Nomor Ponsel Siswa ke Aplikasi Dapodik Menggunakan Automatic Mouse and Keyboard

Cara Otomatis Input Nomor Ponsel Siswa ke Aplikasi Dapodik Menggunakan Automatic Mouse and Keyboard


Rizqi Maharantau Blog
- Berkaitan dengan pembelajaran dari rumah (BDR) yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19, maka menuntut siswa untuk lebih aktif di depan layar ponsel/laptop mereka. Oleh karena itu siswa membutuhkan kuota internet sebagai prasarana untuk menunjang pembelajaran dari rumah (daring).

Baru-baru ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan edaran resmi tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik SD TK PAUD SMP SMA SMK. Ini akan sangat membantu para siswa yang telah mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan internet sebagai media pendukung Belajar Dari Rumah. 

Dalam surat edaran tersebut, pihak Kemdikbud meminta kepada Kepala Satuan Pendidikan untuk mendata nomor ponsel dari setiap siswa-siswi yang ada di Satuan Pendidikan tersebut melalui aplikasi Dapodik. Akibatnya ini akan berdampak pada pekerjaan Operator Sekolah selaku penanggung jawaban aplikasi Dapodik.

Di sini Operator Sekolah harus memasukkan nomor ponsel siswa satu persatu dikarenakan tidak ada fitur format upload pada aplikasi Dapodik. Ini akan sangat 'membosankan' karena akan memilih data siswa satu-persatu kemudian kopas nama dan nomer dari data yang sebelumnya dibuat (dalam bentuk excel) ke aplikasi Dapodik.

Untuk itu, pada tulisan kali ini, minblog akan membagikan trik yang mungkin sedikit bisa berguna untuk teman-teman operator sekolah dalam menginput nomor ponsel siswa ke aplikasi dapodik. Trik ini terinspirasi dari channel YouTube Sobat OPS. Dalam melakukan trik ini, teman OPS memerlukan aplikasi perekam gerakan mouse dan keyboard pada laptop / komputer sobat. Aplikasi bernama Automatic Mouse and Keyboard ini berguna untuk merekam gerakan mouse dan keyboard sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengisian data dengan syarat kegiatan tersebut berulang.

Cara Input Nomor Ponsel Siswa ke Aplikasi Dapodik Menggunakan Automatic Mouse and Keyboard

Sebelum kalian menggunakan pastinya kalian mengunduh terlebih dahulu aplikasinya. Silahkan klik tautan berikut:
Aplikasi tersebut tidak lah gratis alias berbayar, teman-teman bisa menggunakan secara gratis dengan keterbatasan yang ada.

Namun tidak perlu khawatir, teman-teman bisa menggunakannya walaupun versi gratis. Berikut penjelasannya:

Langkah 1. Setelah kalian mengunduh, buka aplikasinya.

Langkah 2. Sebelum menggunakan, pastikan kalian punya data nomor ponsel siswa. Dalam hal ini, minblog sudah mendata menggunakan Google Formulir.

Langkah 3. Klik ikon 'RECORD' pada aplikasi tersebut. Kemudian silahkan kalian melakukan beberapa gerakan. Contoh kasus di sini Minblog meng-copy nama siswa yang terdapat di excel, kemudian buka aplikasi dapodik dan cari dengan mem-paste nama ke kolom pencarian nama di aplikasi dapodik. Setelah ketemu klik nama siswa dan klik tombol 'Ubah' yang terdapat di aplikasi dapodik. Kemudian lanjut buka excel yang tadi, kemudian copy nomor ponsel, dan pastekan di kolom Nomor HP di aplikasi dapodik. Setelah selesai, pilih baris yang berisi nama dan nomor siswa tadi di excel, kemudian Delete Cell. Setelah itu klik bebas.

input data ponsel siswa ke aplikasi dapodik

Langkah 4. Setelah tahapan di atas sudah dilakukan tekan kombinasi keyboard 'Alt + F2' untuk berhenti merekam gerakan mouse dan keyboard.

Langkah 5. Silahkan lakukan pangaturan seperti gambar berikut:

Langkah 6. Setelah selesai, atur 'Repeat' (ulangi) sebanyak data yang akan di isi. Setelah itu klik 'Play', dan biarkan 'robot' mouse dan keyboard bekerja.

Demikian tutorial menginput nomor siswa ke aplikasi dapodik secara otomatis. Cara ini dilakukan apabila ada data nomor ponsel siswa yeng belum terisi. Cara ini pula bisa dilakukan untuk kegiatan isi data yang bersifat mengulang. Semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan silhkan coret di kolom komentar. Terima kasih

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: