Cara Mudah untuk Memeriksa Full Spesifikasi Komputer atau Laptop di Windows 10

Cara Mudah untuk Memeriksa Full Spesifikasi Komputer atau Laptop di Windows 10

Rizqi Maharantau Blog - Jika kalian menggunakan komputer desktop atau laptop, pastinya mengetahui komponen di dalam komputer dan informasi sistem operasi sangat berguna untuk tujuan kamu kedepannya. Misal kalian ingin menambah kapasitas hard drive, RAM, atau GPU, kalian bisa memperoleh informasi apakah perangkat komputer/laptopmu mendukung atau tidak, semua bisa dilihat dari spesifikasi.

Memiliki pengetahuan tentang spesifikasi dan komponen pada komputer kalian juga membantu mengatasi berbagai masalah. Jadi, tahu tentang spesifikasi komputer secara keseluruhan sangatlah penting. Untuk melakukan hal tersebut kalian tidak perlu memasang (installing) aplikasi pihak ketiga.

Memeriksa Full Spesifikasi Komputer atau Laptop di Windows 10

Pada sistem operasi Windows 10, kalian bisa memeriksa spesifikasi perangkat komputer atau laptop dengan mudah, termasuk basic input/output system, Firmware, Model Number, Processor, Memory, Drive, Graphics, dan banyak lagi. Nah pada artikel ini, minblog akan membagikan beberapa langkah untuk memeriksa spesifikasi komputer atau laptop secara full di Windows 10.

1. Memeriksa Processor, RAM, ID Perangkat, dan Versi Windows

Cara pertama menggunakan system settings. Pada fitur ini, Windows 10 akan memberikan informasi dasar mengenai komputer atau laptop yang kalian pakai seperti Processor, RAM, dan versi Windows.

Langkah 1. Klik tombol Start dan pilih 'Settings'.


Langkah 2. Setelah itu akan terbuka halaman 'Settings', kalian lanjut untuk memilih 'System'.


Langkah 3. Kemudian kalian scroll ke bawah, dan pilih 'About'. Perhatikan info di bagian kanan. Maka kalian akan melihat spesifikasi perangkat (device specifications) dan spesifikasi Windows (Windows Specifications).


Cara pertama selesai. Pada spesifikasi perangkat kalian akan ditampilkan informasi mengenai processor, RAM dan lain-lain. Sedangkan pada spesifikasi Windows, kalian akan tahu tentang versi Windows yang sedang kalian gunakan saat ini.

2. Memeriksa Kartu Grafis (GPU)

Untuk memeriksa GPU pada sistem operasi Windows 10 yang dipakai, kalian akan menerapkan beberapa langkah untuk mengetahuinya. Berikut penjelasannya:

Langkah 1. Klik kanan pada logo Windows (tombol Start), pilih 'Device manager'.


Langkah 2. Setelah muncul jendela baru, maka pilih 'Display adapters'. maka akan muncul GPU apa saja yang terpasang pada perangkat komputer atau laptop kalian.


3. Memeriksa Motherboard (Mobo)

Untuk mengetahui informasi Motherboard, kalian tidak perlu membongkar laptop atau komputer, cukup dengan sedikit klik melalui Windows 10 untuk mengetahuinya.

Langkah 1. Buka kotak pencarian (search bar) di samping kanan tombol Start, dan ketikkan 'System information'.


Langkah 2. Pilih System information dan scroll ke bawah sampai kalian menemukan 'Motherboard Manufacturer' atau 'BaseBoard Manufacturer'.


Ya disitu kalian bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan pembuat si Motherboard, dan BaseBoard Model untuk mengetahui nomor model dari Motherboard itu sendiri.

4. Memeriksa Informasi Sistem menggunakan Commant Prompt

Jika kalian tidak mau repot menggunakan cara-cara yang tersebut di atas, maka kalian bisa menggunakan Windows Command Prompt untuk memeriksa segala informasi mengenai sistem. Berikut penjelasan bagaimana memeriksa informasi sistem menggunakan Command Prompt di Windows 10.

Langkah 1. Buka kotak pencarian dan ketikkan 'Command Prompt'.
Langkah 2. Buka dengan klik kanan, 'Run as administrator'. Maka akan muncul jendela baru hitam.


Langkah 3. Ketikkan 'systeminfo' dan ENTER. Nah, kalian akan melihat informasi sistem.





Langkah 4. Jika ingin melihat informasi sistem lebih banyak lagi, ketikkan 'systeminfo /?'



Demikianlah penjelasan mengenai Cara Mudah untuk Memeriksa Full Spesifikasi Komputer atau Laptop di Windows 10. Semoga tulisan ini bermnafaat bagi kalian. Terima kasih
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: