Cara Merubah Level Prioritas Proses Aplikasi di Windows 10 Tahun 2020

Cara Merubah Level Prioritas Proses Aplikasi di Windows 10 Tahun 2020


Rizqi Maharantau Blog
- Bagi kalian yang belum tahu, setiap aplikasi yang terpasang di Windows memiliki tingkat prioritas yang ditentukan berdasarkan seberapa besar mengkonsumsi sumber daya ketika banyak aplikasi yang dijalankan. Kita ambil contoh, ketika kalian menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, maka Windows 10 akan melakukan pemrioritasan kedua aplikasi tersebut. Artinya kedua aplikasi tersebut akan menggunakan sumber daya yang sama.

Sama halnya jika kalian sedang membuka aplikasi permainan tanpa menjalankan aplikasi lainnya, maka Windows akan memprioritaskan hanya pada permainan tersebut. Di lain sisi, jika kalian bermain game dengan banyak aplikasi yang berjalan di sistem, melakukan boosting pada prioritas game akan membuat performa gaming lebih baik, namun akan berdampak pada menurunnya performa aplikasi lain.

Sebenarnya pada Windows 10, kalian bisa merubah prioritas proses aplikasi. Merubah di sini berarti menentukan berapa banyak sumber daya komputer yang digunakan untuk proses aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang sistem.
Jadi, pada artikel kali ini, minblog ingin membagikan langkah-langkah untuk merubah level prioritas proses sebuah aplikasi pada Windows 10.

Cara Merubah Level Prioritas Aplikasi di Windows 10

Langkah 1. Pertama-tama klik kanan pada taskbar dan pilih 'Task Manager'
buka task manager

Langkah 2. Setelah terbuka jendela Task Manager, pilih tab Processes dan kemudian klik kanan pada aplikasi yang sedang berjalan, dan pilih 'Go to details'.
Tab Processses

Langkah 3. Sekarang posisi kalian pindah ke tab 'Details', klik kanan pada proses aplikasi yang telah kalian pilih sebelumnya, dan pilih 'Set Priority'.
Atur Prioritas

Langkah 4. Kalian akan melihat ada 6 pilihan (Realtime, High, Above Normal, Normal, Below Normal, dan Low).


Langkah 5. Jika kalian pilih 'Realtime' artinya itu adalah prioritas tertinggi, dan 'Low' artinya prioritas terendah. Silahkan kalian pilih sesuai kebutuhan kalian.

Langkah 6. Setelah kalian pilih, silahkan konfirmasi dengan menekan 'Change priority'.
Konfirmasi 'Change Priority'

Dan selesai. Kalian sudah bisa merubah prioritas proses dari aplikasi yang kalian jalankan di Windows. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: