Cara Memblokir Iklan di Android menggunakan Private DNS

Cara Memblokir Iklan di Android menggunakan Private DNS

Cara Memblokir Iklan di Android menggunakan Private DNS

Rizqi Maharantau Blog - Iklan muncul ketika browsing di internet? itu sangat menjengkelkan. Tidak hanya mengganggu, iklan juga merusak kesenangan ketika menonton video atau membaca artikel di web. Lebih buruk lagi jika di dalam ponsel kalian terdapat adware, maka dipastikan akan menguras baterai dan performa ponsel kalian. Masalah tersebut sebenarnya bisa diselesaikan dengan memberikan akses root pada ponsel Android kalian, tapi apakah itu aman dan menjadi pilihan terbaik? think about it.

Bagaimana jika minblog membagikan cara menghilangkan iklan dari Android kalian tanpa rooting?. Kita akan menggunakan opsi Private DNS. Mungkin sebagian dari kalian tahu bahwa Google telah memperkenalkan sebuah fitur baru yang disebut 'Private DNS' atau DNS over TLS pada versi Android Pie. Tanpa disadari bahwa fitur tersebut memperbolehkan pengguna untuk merubah atau menghubungkan ke DNS yang berbeda dengan mudah.

Private DNS memungkinkan pengguna untuk mengatur DNS server baik melalui WiFi ataupun data ponsel. Jadi, untuk memblokir iklan yang ada pada Android kalian cukup dengan merubah DNS ke Adguard DNS.

Apa itu Adguard DNS?

Sebelum kita jauh ke tutorial cara memblokir iklan menggunakan Private DNS, ada baiknya kita tahu dulu apa itu Adguard DNS. Jika kita lihat pada situs resminya, Adguard DNS merupakan cara yang sangat mudah untuk memblokir iklan di internet yang kita tidak perlu memasang aplikasi khusus di ponsel Android. Fitur ini gratis dan cocok untuk semua perangkat Android Pie. Hal yang menarik adalah kalian bisa melakukan pemblokiran iklan di seluruh sistem tanpa root ponsel.

Cara Memblokir Iklan di Android menggunakan Private DNS

Sebelum melakukan langkah-langkah berikut, pastikan versi Android kalian adalah Android 9 Pie ke atas. Pada langkah berikut ini Minblog menggunakan  versi Android 10.

Langkah 1. Buka 'Pengaturan' pada ponsel Android kalian, Pilih 'Jaringan & internet'.


Langkah 2. Cari ke bawah dan pilih 'DNS Pribadi'.


Langkah 3. Pilih 'Hostname penyedia DNS pribadi' dan isikan 'dns.adguard.com'.


Langkah 4. Simpan pengaturan tadi, dan buka Google Chrome pada android kalian, lalu isikan pada bar alamat 'Chrome://net-internals' dan Enter.


Langkah 5. Pilih 'DNS', dan 'Clear host cache'.


Selesai. Sekarang mulai ulang browser chrome kalian untuk menerapkan perubahannya.

Jadi, itulah Cara Memblokir Iklan di Android menggunakan Private DNS pada Android 9 ke atas. Cara ini akan menghapus / menghilangkan iklan dari semua halaman web. Semoga artikel ini bermanfaat. Untuk mengembalikan pengaturan hanya dengan merubah mode Private DNS menjadi otomatis.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: