Buletin
Memuat...
7 Aplikasi Webinar Terbaik Versi 2020

7 Aplikasi Webinar Terbaik Versi 2020


Rizqi MaharantauBicara tentang web seminar atau yang kita kenal Webinar, merupakan seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi online. Cara pertemuan ini sedang booming disebabkan oleh pandemi Covid-19. Banyak orang baik dari kalangan pejabat negara hingga seorang guru menggunakan cara seminar ini untuk berdiskusi atau pertemuan untuk membahas suatu topik tertentu sebagai pengganti seminar yang biasa dilakukan di dalam gedung dan tempat pertemuan lainnya.

Di internet banyak sekali jenis aplikasi atau web yang dimanfaatkan sebagai sarana seminar online. Dikarenakan banyak maka kalian harus sangat berhati-hati dalam menentukan aplikasi mana yang aman untuk digunakan sebagai seminar online.

Jadi, hari ini minblog akan membagikan beberapa daftar aplikasi webinar terbaik. Diantara aplikasi tersebut ada yang gratis dan ada yang berbayar. Fokus di sini adalah fitur yang diberikan oleh masing-masing aplikasi. Let's check this out:

7 Aplikasi Webinar Terbaik Versi 2020

1. Facebook Live

Facebook Live

Tidak bisa dimungkiri bahwa Facebook merupakan salah satu media live yang bisa digunakan untuk pertemuan online disebabkan oleh kemudahan dan fitur yang diberikan kepada penggunanya. Ya kalian tidak perlu menambah aplikasi khusus untuk memulai webinar dengan Facebook Live. Yang lebih menarik adalah, video hasil live yang kalian lakukan otomatis akan terpublished ke wall atau profil facebook kalian. Ini berguna bagi teman kalian untuk menyaksikan video seminar secara lengkap setelah seminar online selesai. Bisa berguna untuk membuat ringkasan materi. hihi...

Fitur Facebook Live:
  1. Facebook Live memberikan cara yang sangat luar biasa untuk menghubungkan kalian dengan teman-teman di luar sana.
  2. Layanan yang diberikan bisa digunakan untuk broadcast (live) tentang sebuah percakapan, penampilan, tanya-jawab, atau acara yang berbasis virtual.
  3. Kalian bisa live di Facebook Page, Group, atau event.

2. YouTube Live

YouTube Live

Nah teruntuk kalian yang menghabiskan waktu di depan Youtube, mending untuk live streaming seminar. Karena YouTube memberikan sesuatu yang menarik yaitu kalian bisa memilih untuk memposting video live streaming kalian ke publik. Selain itu YouTube Live juga mendukung banyak aplikasi pihak ketiga untuk membantu menghasilkan sesi video YouTube yang lebih baik.

Fitur YouTube Live:
  1. Layanan berbasis web untuk streaming video.
  2. Kompatibitas dukungan aplikasi pihak ketiga yang tinggi.
  3. Free alias Gratis, bebas dan tentunya menawarkan beberapa fitur editing.

3. Skype Group Calls

Skype

Skype merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh perusahan-perusahan besar untuk menyapa konsumennya. Yang menarik dari Skype adalah memberikan layanan panggilan video hingga 25 orang pada sesi seminar, dan bicara menambahkan partisipan, Skype Group Calls juga membolehkan 9 pengguna untuk berpartisipasi dalam group video call.

Fitur Skype Group Calls:
  1. Aplikasi Webinar gratis untuk Windows 10.
  2. Untuk versi gratis, kalian bisa menambahkan hingga 25 orang dalam sesi seminar online.
  3. Untuk versi bisnis (berbayar), pengguna bisa menambahkan partisipan hingga 10.000 orang dalam webinar.

4. GoToWebinar

GoToWebinar

Kalian mencari aplikasi yang bisa menghubungkan teman kalian yang berbisnis dengan kliennya, kalian bisa memilih GoToWebinar sebagai sarana untuk seminar online.

Fitur GoToWebinar:
  1. Sarana webinar yang menawarkan banyak sekali fitur menejemen untuk berbagai kegiatan seminar web.
  2. Menawarkan satu kali kegiatan, kegiatan berkelanjutan, dll.
  3. Memperbolehkan pengguna untuk menambah logo produk, warna, dan gambar pada materi web seminar yang kalian adakan.
  4. Kalian juga bisa menambhkan polling dan survey untuk meningkatkan partisipasi peserta dalam seminar.

5. WebinarJam

WebinarJam

Ini merupakan salah satu serana webinar gratis yang memperbolehkan pengguna untuk mengatur siapa saja yang berpartisipasi dalam seminar. Untuk lebih membuat pengguna dekat dengan peserta, maka WebinarJam menawarkan fitur chat, poll, dan masih banyak lagi. Jadi bolehlah kalian coba saat ini sebagai media untuk web seminar.

Fitur WebinarJam
  1. WebinarJam menawarkan untuk membuat password-protected rooms.
  2. Tool gratis yang bisa mengontrol siapa yang berpartisipasi dalam web seminar.
  3. Menawarkan fitur Chatting, Polling, dan lain-lain.

6. Zoom

Zoom

Aplikasi ini sudah menjadi aplikasi populer bagi pelaksana webinar. Sebuah aplikasi web seminar online yang bisa menampung hingga 100 orang. Zoom banyak memiliki banyak jenis, untuk versi dasar alias gratis, kalian bisa mengajak orang melakukan web seminar selama 40 menit disesi live.

Fitur Zoom:
  1. Salah satu aplikasi web seminar terbaik tahun 2020
  2. Untuk versi gratis, kalian bisa melakukan web seminar dengan hingga 100 partisipan.
  3. Versi gratis memang banyak memberikan fitur, namun kalian hanya bisa live video converence hanya 40 menit.

7. ClickMeeting

ClickMeeting

ClickMeeting merupakan layanan web seminar premium (berbayar) dengan rentang harga tergantung kebutuhan yang kalian perlukan. Namun kalian tidak perlu khawatir dengan harga yang diberikan karena sesuai dengan fitur yang akan kalian dapatkan seperti polling, surveys, chattings, dan lainnya. Aplikasi ini juga bisa merekam hasil web seminar kalian dengan baik.

Fitur ClickMeeting:
  1. Merupakan aplikasi webinar premium/berbayar.
  2. Untuk menggunakan layanan ini, kalian perlu menentukan harga tergantung dengan kebutuhan seminar kalian.
  3. Menawarkan banyak fitur seperti Polls, Chats, Surveys, dll.

Demikianlah beberapa daftar aplikasi atau layanan webinar versi 2020 yang bisa kalian pilih dan gunakan untuk melakukan seminar online. Jika kalian mengetahui selain di atas, bisa coret-coret di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: