Buletin
Memuat...
5 Cara Mencari Tahu Alamat IP Server Sebuah Website

5 Cara Mencari Tahu Alamat IP Server Sebuah Website

Dalam dunia teknologi khusunya website, kita mengetahu bahwa setiap website yang telah dibangun oleh seorang pasti memiliki alamat IP server seperti Facebook, Twitter, Google, dan masih lainnya. Ada banyak cara mengetahui alamat IP server sebuah website. Kalian bisa mencoba dengan Command Prompt pada sistem operasi Windows 10, atau bisa juga dengan bantuan web yang menyediakan fasilitas untuk melihat alamat IP server dari sebuah website.

Cara Mencari Tahu Alamat IP Server Sebuah Website

Pada tulisan kali ini, minblog ingin membagikan beberapa cara mengetahui IP server pada sebuah website. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt

Seperti yang minblog katakan di atas, kita bisa melihat atau menemukan alamat IP server sebuah website dengan memanfaatkan fitur Command Prompt di Windows 10. Caranya adalah dengan metode PING. Bagi kalian yang sudah lama membaca artikel tentang jaringan pasti tau dengan istilah tersebut. Ya perintah PING di sini bekerja pada protokol ICMP (Internet Control Message Protocol). Kalian bisa baca tentang ICMP via WikipediaSebenarnya, perintah PING bekerja pada protokol ICMP yang dibuat untuk alamat server.

Berikut Cara Mencari Tahu Alamat IP Server Sebuah Website dengan Command Prompt:
  1. Klik ikon pencarian dan ketikkan 'CMD'. Buka 'Command Prompt'.
  2. Setelah muncul jendela hitam, ketikkan 'ping' kemudian diikuti nama situs. Sebagai contoh: ping facebook.com
  3. Kemudian ENTER.
Kalian akan melihat alamat IP dari situs tersebut.

2. Menggunakan Terminal pada Sistem Operasi MAC dan Linux

Istilah terminal digunakan oleh sistem operasi pada MAC dan LInux yang mana sebenarnya sama saja dengan Command Prompt pada Windows. Cara kerjanya juga sama ketika kita ingin mencari tahu alamat IP server dari sebuah website. Berikut ulasannya:
  1. Buka terminal dengan menekan kombinasi tombol CTRL+ALT+T pada keyboard.
  2. Selanjutnya ketik ping -c1 nama situs. Contoh: ping -c1 facebook.com. Kemudian Enter.

3. Menggunakan Network Utility pada MAC

sumber gambar: techiral.net

Cara berikut dilakukan pada MAC.
  1. Buka Network Utility pada MAC kalian.
  2. Kemudian cari tab bernama Ping, klik setelahnya.
  3. Sekarang masukkan pada kotak kosong di bawahnya nama situs yang ingin kalian cari alamat IP servernya.
  4. Kemudian klik PING di bawahnya.
Ini akan memunculkan alamat IP dari situs yang kalian masukkan pada kotak kosong di atas.

4. Menggunakan WHOIS System

WHOIS, ya gabungan dari 'WHO dan 'IS', adalah protokol kueri dan respons yang banyak digunakan untuk menanyakan basis data yang menyimpan pengguna terdaftar atau penerima sumber daya Internet, seperti nama domain, blok alamat IP, atau sistem otonom , tetapi juga digunakan untuk informasi lain yang lebih luas (wikipedia). Kalian bisa memanfaatkan sistem WHOIS untuk menemukan alamat IP dari setiap website. Untuk caranya, kalian bisa menggunakan situs whois.net atau networksolutions.com sebagai sarana untuk mencari informasi detail dar sebuah website.
whois.net

Kalian cukup mengunjungi situs tersebut, kemudian masukkan nama situs yang akan kalian cari tahu alamat IP nya, maka setelah itu kalian akan melihat hasil seperti berikut:
Current Registrar: REGISTER.COM, INC.
IP Address: 207.241.148.80 (ARIN & RIPE IP search) . . .

5. Menggunakan jasa Situs Online Lainnya.


Whatismyipaddress merupakan situs sederhana yang menyediakan sebuah pencarian alamat IP sebuah situs. Situs ini memberikanmu tipe alamat IPv4 dan IPv6. Cukup dengan mengetik alamat situs yang dituju kemudia klik 'Lookup IP Address', maka kalian akan ditampilkan informasi alamat IP sebuah website.
Whatismyipaddress

Demikianlah beberapa 5 cara untuk mencari tahu alamat IP server dari sebuah website. Semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat, dan jangan lupa share ya. Terima kasih.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: