Cara Custom icon pada Windows 10 terbaru 2020

Cara Custom icon pada Windows 10 terbaru 2020


Berbicara mengenai sistem operasi Windows, kita semua tahu sistem operasi ini sangat populer. Sebabnya adalah fitur dan kostumisasi yang bisa dilakukan oleh penggunanya. Jika kalian pengguna Windows 10 saat ini, pasti tahu jika operasi sistem satu ini memperbolehkan kalian mengubah icon-icon menjadi selera kamu.

Secara mudah kita bisa mengcustom icon pada Windows 10 dengan menu properties bawaan sistem operasi. Tapi biasa tidak sesuai dengan selera yang kita mau. Maka dari itu kita butuh aplikasi tambahan untuk mengcustom icon pada Windows 10 dengan ide kita sendiri. Mari kita bahas!

Langkah 1. Pastikan kalian menggunakan Windows 10, cari dan buka aplikasi 'Paint 3D'. Bisa melalui kotak pencarian.
Cara custom ikon pada Windows 10 terbaru 2020

Langkah 2. Setelah terbuka, pilih 'New', kemudian lakukan pengaturan pada kanvas dengan memberi nilai panjang dan lebar 32px, centang Jangan lupa untuk mengaktifkan 'Transparent canvas'.



Cara custom ikon pada Windows 10 terbaru 2020

Langkah 3. Buat gambar sesuai selera kalian yang mana nantinya akan dijadikan sebagai icon.


Langkah 4. Jika sudah selesai, silahkan simpan dengan cara klik 'Menu' (pojok kiri atas), kemudian pilih 'Save as', lanjut pilih 'Image'. Simpan dengan format PNG.

Setelah selesai membuat icon dengan desain sendiri, sekarang waktunya untuk merubah jenis file menjadi .ICO dengan bantuan situs konversi PNG ke ICO (kita kerja secara online saja). Sebenarnya banyak sekali situs penyedia jasa konversi PNG ke ICO FILE. Di sini kita menggunakan jasa convertico.com.

Langkah 1. Silahkan akses situs tersebut, maka kalian akan melhat tampilan seperti di bawah ini.
Convertico.com | Unggah gambar PNG

Langkah 2. Unggah file PNG yang telah kalian buat tadi ke kolom yang ditandai di bawah ini.

Langkah 3. Setelah terupload maka akan ada tombol merah di sebelah kanan, klik untuk mengunduh file PNG yang telah terkonversi menjadi .ICO file.
Convertico.com | Unduh file ICO

Langkah 4. Jika sudah, sekarang pilih shortcut atau folder yang ingin kalian personalisasi iconnya dengan klik kanan pilih properties, pilih Change icon. Cari file icon yang telah kalian unduh, pilih dan tadaaaaaaaaaa, Kalian berhasil mengcustom ikon pada windows 10.
Cara custom ikon pada Windows 10 terbaru 2020

Demikianlah cara custom ikon pada windows 10 terbaru 2020 yang bisa dilakukan dengan mudah. Silahkan dipraktekkan, semoga bisa membuat laptop atau PC kalian terlihat beda. Terima kasih.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: