Buletin
Memuat...
Aplikasi Penangkap Layar Secara Panjang pada Windows 10

Aplikasi Penangkap Layar Secara Panjang pada Windows 10


Bagi kalian pengguna Windows 10, pasti sangat sering kalian melakukan kegiatan "screen capture" atau dalam bahasa Indonesianya menangkap tampilan layar. Di sistem windows 10 sendiri memberikan pilihan cara yang bisa digunakan untuk menangkap layar, yaitu dengan menggunakan tombol PRTSCN/ PrtScSysRq pada keyboard, dan menggunakan aplikasi bawaan windows, Snipping Tool.

Kedua tool tersebut sangat bermanfaat untuk menangkap tampilan layar yang sedang aktif (single-page screenshot), namun bagaimana jika kita ingin  menangkap layar yang lebih luas (entire webpage)?. Nah dalam artikel kali ini, minblog akan menunjukkan beberapa Aplikasi yang membantu untuk menangkap layar secara panjang pada windows 10.

1. ShareX


Aplikasi open-source satu ini sangat populer dikalangan gamers. Pasalnya fitur yang diberikan oleh aplikasi ini dalam hal menangkap layar sangat komplit, mulai dari menangkap video, GIFs, region select, workflows, scrolling screenshots, dll. Bagi kalian yang ingin menangkap layar secara keseluruhan (entire webpage), gunakan fitur 'Scrolling capture'.

2. PicPick


Selain ShareX, kalian juga bisa menggunakan PicPick untuk membantu kamu dalam kegiatan menangkap tampilan layar secara keseluruhan. Selain kamu menggunakan untuk menangkap layar, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengedit gambar hasil tangkapan layar. Aplikasi ini juga menawarkan beberapa tool untuk mendukung kegiatan edit-mengedit seperti color picker, color palatte, magnifier, pixel ruler, crosshair, dan masih banyak lagi.

3. Apowersoft Screen Capture Pro


Dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa aplikasi Apowersoft Screen Capture Pro adalah aplikasi penangkap layar yang bisa diinstall pada Windows 10. Fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan adalah Scrolling Capture, Free hand, Ragion, WIndows, Menu, dan "time Scheduler" untuk mengatur secara otomatis waktu pengambilan gambar pada layar.

4. Greenshot


Greenshot adalah aplikasi penangkap layar yang memiliki ukuran yang cukup kecil dibanding dari aplikasi-aplikasi tersebut di atas. Fitur yang diberikan juga hampir sama dengan aplikasi penangkap layar yang lain yaitu Screenshot selected region, WIndows, Fullscreen. Kalian juga bisa menangkap layar sebuah halaman web dengan metode scrolling langsung dari browser yang mendukung aplikasi ini.

Jadi itulah beberapa alat bantu yang bisa membantu kalian dalam hal menangkap layar windows 10 secara lebih luas dan bisa diedit.

SI ADMIN

"Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak darinya." UMAR BIN KHATTAB

0 Comments: