Mengenal VPN & PROXY, Apa Perbedaannya, dan Mana yang Lebih Baik?

Mengenal VPN & PROXY, Apa Perbedaannya, dan Mana yang Lebih Baik?


Ada pepatah mengatakan 'Tidak ada yang aman di Dunia Internet'. Pepatah ini bisa berlaku mengingat internet menjadi tempat yang mengerikan bagi orang yang tidak mau tau soal keamanan. Banyak para ahli mengatakan dengan memasang paket keamanan di dalam komputer atau HP bisa mencegah serangan Hacking dan malware. Fakta sejauh ini memang benar, tapi bagaimana dengan serangan Ransomware dan BotNet?

Setiap komputer, laptop, atau hp kalian sangat rentan terhadap berbagai jenis serangan hacking seperti Ransomware dan BotNet. Jika kalian peduli terhadap masalah keamanan, kalian akan tertarik untuk sedikit tahu tentang VPN & Proxy, apa bedanya?, dan mana yang terbaik untuk kita gunakan?, mari kita bahas.

VPN & PROXY, Apa Perbedaannya, dan Mana yang Lebih Baik?

Sering kita menemukan sebuah tutorial:
Cara menembus situs yang diblok oleh ISP, atau tutorial semacam. Ada yang menjelaskan bisa menggunakan VPN, dilain sisi ada juga yang menyarankan mengubah Proxy. 

Apa itu VPN?, apa itu Proxy?

Sebanarnya keduanya adalah hal yang sama, namun ada yang membuat mereka berbeda. Mengutip dari techviral mengatakan bahwa Proxy adalah server yang bertindak sebagai penengah antara situs yang kamu kunjungi dengan perangkat yang kamu gunakan. Di sini proxy memaksa lalu lintas internetmu harus melewati sebuat 'Remote Mechine', yang mana menghubungkan perangkatmu ke host server. Lihat ilustrasi berikut:

Source: techviral.net
Dalam hal ini, Server Proxy menyamarkan IP asli seoalah-olah diakses dari lokasi yang berbeda. Ya ini berguna untuk mengakses situs yang dibatasi berdasarkan wilayah (geo-restricted website). Sisi negatifnya adalah, Proxy tidak mengenkripsi lalu lintas data dari perangkat yang kamu gunakan ke server proxy. Artinya ini sangat mungkin untuk orang mengintip atau mengetahui lalu lintas data yang kamu gunakan.

Sebagai tambahan, Proxy juga hanya bekerja pada level aplikasi, tidak pada sistem operasi. Maksudnya kamu hanya bisa mengkonfigurasi beberapa aplikasi yang cocok untuk menggunakan proxy.

VPN juga mengalihkan lalu lintas data ke remote server dengan menyembunyikan alamat IP. Tapi tidak sama dengan Proxy yang hanya bekerja pada level aplikasi, VPN bekerja pada level sistem operasi. Artinya VPN mengarahkan semua lalu lintas data kamu, apakah itu dari web browser atau aplikasi yang berjalan di belakang. Hal lain yang menjadi pembeda antara Proxy dan VPN adalah Enkripsi. VPN mengenkripsi dan mengamankan semua lalu lintas data antara internet dan perangkat kamu. Singkatnya berarti situs-situs yang ingin melacak atau Internet Provider (ISP) yang ingin me-monitoring aktivitas internet kamu tidak bisa melihat apa yang sedang kamu lakukan.

sumber: techviral.net

Meskipun VPN lebih baik dari Proxy dalam hal keamanan, bukan berarti tidak ada sisi negatifnya. Jika dibandingkan dengan Proxy, penggunaan VPN dapat memperlambat data karena adanya proses enkripsi, dan juga VPN itu biasanya berbayar. Tidak seperti Proxy yang sebagian besar GRATIS.

Jadi itulah beberapa hal yang membedakan antara Proxy dan VPN. Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat kepada kalian. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: