5 Aplikasi Manajemen Partisi Terbaik untuk Windows 10

5 Aplikasi Manajemen Partisi Terbaik untuk Windows 10

Aplikasi menejemen partisi hard disk Windows 10

Ketika kita berbicara partisi sebuah hard disk, akan banyak sekali kegunaan yang bisa kita ambil dari mempartisi hardisk. Salah satu manfaat adalah kita bisa memisahkan antara disk yang berfungsi sebagai sistem operasi, dan disk yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data selain sistem. Di windows sendiri sudah disediakan fitur untuk membagi partisi sebuah hardisk/hard drive, yatu menggunakan "disk management". Namun langkah ini cukup sulit mengingat harus mengikuti prosedur yang agak banyak, belum lagi jika terjadi kesalahan pada saat partisi akan mengakibatkan sistem rusak.

Menanggapi permasalahan tersebut, minblog membuat sebuah tulisan mengenai 5 Aplikasi manejemen Partisi terbaik untuk Windows 10.


1. EaseUS Partition Master Free

EaseUS Partition Master Free

Salah satu aplikasi disk management terbaik yang tersedia untuk Windows 10. Banyak fitur yang disediakan di aplikasi ini dibandingkan yang lain, yaitu kalian bisa membuat partisi baru, memformat, menghapus, mengubah ukuran, dan juga memisahkan partisi yang sudah ada.

2. Mini Tool Partition Wizard

Mini Tool Partition Wizard

Dibandingkan aplikasi pertama, si mini tool partition wizard ini datang dengan tampilan yang lebih bersih dan mudah untuk digunakan karena tata letak menu yang tersusun secara baik. Dengan menggunakan tool ini kamu bisa membuat partisi baru, memformat, menghapus, mengubah ukuran disk. Selain itu fitur yang menarik adalah Mini Tool Partition Wizard menyediakan "data recovery", yang berguna untuk mengembalikan data pada partisi sebelumnya.

3. Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager

Dengan tool ini, kamu tidak hanya bisa membuat partisi baru, tapi juga bisa memindahkan, mengubah ukuran disk, mengubah nama label disk (D jadi E, E jadi Z). Hal tambahan yang membedakan Paragon Partition Manager dengan tool partisi management lain adalah kemampuan mengkonversi HFS drives menjadi NTFS.

4. AOMEI Partition Assistant SE

AOMEI Partition Assistant SE

Kemampuan tool ini sama dengan tool yang telah disebutkan di atas yaitu kamu bisa membuat partisi baru, menghapus/memformat ulang, mengubah ukuran disk, memisahkan disk yang sudah dibuat. Tapi tool ini punya fitur spesial untuk membuat bootable windows pada USB.

5.  IM-Magic Partition Resizer

IM-Magic Partition Resizer

Tool yang satu ini masuk ke dalam daftar aplikasi menejemen disk terbaik karena sangat mudah digunakan pada Windows 10 dan memiliki fitur unik yaitu menyembunyikan partisi disk, menkonversi NTFS ke FAT32. Namun untuk menikmati fitur tersebut harus sedikit mengeluarkan isi dompet alias menjadi pengguna premium.


Jadi, itulah 5 aplikasi menejemen partisi terbaik yang bisa kalian gunakan pada Windows 10. Semoga artikel ini memberi manfaat, terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar: