4 Cara Berbagi Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

4 Cara Berbagi Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas Foto


Pernahkah kalian menerima gambar atau foto yang dikirimkan oleh teman kalian melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain-lain berubah menjadi buram atau pecah? Jika pernah, maka nasib kita sama. Sebenarnya itu merupakan teknik (compression Technique) yang digunakan oleh pengembang aplikasi guna mempercepat muatan gamabr dalam server yang mereka gunakan. 

Terus bagaimana cara kita mengirim foto atau gambar tanpa menurunkan kualitas gambar/foto itu sendiri?

Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan secara online melalui web penyedia, namun ini membutuhkan waktu dan pastinya kamu gak mau. Maka dari itu pada artikel ini minblog akan membagikan tutorial sederhana cara berbagi foto secara online tanpa mengurangi kulaitas foto.

4 Cara Berbagi Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

1. Menggunakan Layanan Penyimpanan Awan (Cloud Storage)


Di sini kita akan menggunakan Dropbox, karena murah, simpel, dan memberikan penyimpanan yang lumayan yaitu 2GB untuk pengguna tak berbayar. Cara mengirim gambar adalah dengan tahapan upload foto, kemudian ambil link dari foto yang sudah terupload, bagikan ke teman kalian. Maka kualitas foto tidak akan berkurang. Selain Dropbox, kalian juga bisa menggunakan Google Drive, Microsoft OneDrive, Mediafire, dan masih banyak lagi.

2. Mengkonversi ke format PNG


Jika kalian merasa cara pertama agak repot, kita gunakan cara kedua ini dengan merubah format (menkonversi) gambar/foto ke jenis PNG. Format PNG menghasilkan kualitas dan ukuran file yang lebih besar dari pada JPG. Maka dari itu ketika dikirim melalui sosial media kualitas masih bagus. Cara konversi ke PNG banyak sekali tutorial di luar sana. Silahkan Googling :)

3. Mengkonversi ke dalam ZIP/RAR

Yang ketiga yang paling unik dan mudah. Kalian cukup mengkonversinya ke dalam zip atau Rar. Kalian bisa berbagi foto secara masal dengan 1 file zip saja dimana penerima butuh untuk mengekstrak tanpa takut kualitas foto berkurang. Silahkan coba mengirim zip melalui WhatsApp.

4. Menggunakan Aplikasi Google Foto

Cara terakhir adalah dengan Aplikasi bawaan Android yaitu Google Foto. Saya letakkan terakhir karena menurut saya ada resiko jika berbagi gambar/foto dengan aplikasi ini. Pasalnya kalian harus merubah privasi folder atau file menjadi PUBLIK, artinya bakalan semua orang bisa melihat foto kalian secara bebas. Saya sarankan lebih berhati-hati :)

Demikian 4 cara berbagi foto secara online tanpa mengurangi kualitas foto. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian dan terima kasih sudah mampir.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: