5 Aplikasi Office Terbaik Pengganti Microsoft Office tahun 2020

5 Aplikasi Office Terbaik Pengganti Microsoft Office tahun 2020


Tulisan kali ini akan membahas mengenai aplikasi gratis yang digunakan sebagai alternatif Microsoft Office. Tulisan ini bertujuan sebagai edukasi dan juga informasi bahwa kita bisa produktif "tanpa" microsoft office.
Bicara soal ketik-mengetik, hitung-menghitung, maka kita akan sangat familiar dengan yang namanya aplikasi Microsoft Office. Ya aplikasi yang satu ini bisa dikatakan wajib ada di dalam laptop atau komputer kita, bahkan sekarang ada yang versi mobilenya. Dikatakan demikian karena aplikasi ini sangat membantu dalam aktifitas surat menyurat, penyelesaian laporan keuangan dan membuat presentasi.


Tapi apakah hanya microsoft office yang berperan penting dalam kegiatan-kegiatan tersebut di atas? tentu tidak. Pada tulisan ini minblog akan merangkum 5 aplikasi gratis terbaik pengganti microsoft office. Berikut daftarnya:

5 aplikasi gratis terbaik pengganti Microsoft Office tahun 2020


Memang benar bahwa Google adalah perusahaan pesaing berat Microsoft. Pasalnya Google juga memiliki sebuah aplikasi produktifitas seperti Microsoft Office namun berbasis awan (cloud-based). Kamu bisa menggunakan tanpa harus menginstall di PC atau laptop kalian dengan syarat terkoneksi internet. Memang lebih ribet ketika kita dipelosok yang notabennya tidak ada jaringan internet atau ada tapi lemot. Yang terpenting aplikasi dari Google ini Gratis, hehehe.

Aplikasi Office dari Google ini memiliki 4 jenis yaitu Google Docs, Google Sheets, Google Slide dan Google Form. Namun untuk kebutuhan di rumah atau sekolah, ya cukuplah.

#2. SoftMaker FreeOffice


Aplikasi yang satu ini hampir mirip dengan Microsoft Office namun gratis. Dikatakan hampir mirip karena tampilan antar muka dan letak menu-menu mirip dengan tata letak aplikasi Microsoft Office. Keunggulan dari aplikasi SoftMaker FreeOffice ini bisa membuka dan membaca semua format Microsoft Office, jadi kalian tidak perlu khawatir apabila ingin mengedit file docs, xls, dan ppt dari microsoft office. Tampilan sederhana dan ukuran installer yang cuma 100MB-an namun memiliki fitur yang sudah mencukupi untuk menyelesaikan tugas tugas selayaknya menggunakan microsoft office.

   Tampilan SoftMaker FreeOffice - Presentations   

Tampilan SoftMaker FreeOffice - TextMaker

Tampilan SoftMaker FreeOffice - PlanMaker

#3. WPS Office


Aplikasi yang satu ini pasti tidak asing lagi ditelinga pengguna Android, pasalnya memang aplikasi ini banyak terinstall di smartphone android. Selain gratis, WPS Office juga memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat sekali untuk meningkatkan produktifitas kita. Salah satu fiturnya adalah memberikan opsi cloud sync yang artinya memperbolehkan penggunanya untuk mensinkronkan dokumen ke antar perangkat.

Selain itu WPS Office datang dengan membawa tool untuk mengkonversi word to PDF. Yang terpenting aplikasi ini gratis bagi pengguna perorangan. Namun apabila kalian pingin fitur yang lengkap memang harus berlangganan.


#4. PolarisOffice



PolarisOffice merupakan salah satu aplikasi office terbaik bagi pengguna Windows, Android iOS, dan MacOS. Dengan menggunakan yang versi gratis, pengguna sudah bisa melihat atau mengedit berbagai format office seperti DOCX, XLS, PPT, HWP, dan lainnya. Keunggulan lainnya adalah pengguna bisa saling sinkron antar pengguna perangkat yang berbeda, sehingga kamu bisa melihat atau mengedit atau membuat file baru dari perangkat yang berbeda.


#5. Microsoft Office Online




Sama halnya dengan Google Suite, Microsoft juga mempunyai aplikasi office online yang langsng bisa dibuka menggunakan browser. Pastinya sebelum menggunakan office suite dari microsoft ini pengguna harus memiliki akun dari microsoft onedrive. Microsoft office online ini tidak seperti aplikasi office versi google yang mana kalian tidak perlu menkonversi file dokumen sebelum kalian memulai bekerja.

Selain itu kamu juga bisa membagi dokumen pekerjaan kalian ke sesama pengguna akun microsoft OneDrive, sehingga bisa dikatakan kerja secara tim. :)
Baik sekian dari saya tentang artikel 5 aplikasi office terbaik pengganti microsoft office tahun 2020. Mungkin dari kalian ada yang ingin menambhkan silahkan coret di kolom komentar yaaaa ...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: