Mengenal Smishing Attack

Mengenal Smishing Attack


Selamat datang kembali rekan-rekan pembaca setia, hehe. Kali ini saya akan membahas tentang 'cara sampah' seorang peretas mengganggu kehidupan kita saat ini. Ya SMS SAMPAH, atau bahasa kerennya 'Smishing Attack'.

Jika kalian sering membaca artikel-artikel atau berita tentang dunia per-hacking-an, kalian pasti tidak asing lagi dengan sebuah metode hacking untuk mecuri data seseorang melalui surel, pesan elektronik. Apa itu? Phishing.

Phising adalah email yang dikirmkan ke seseorang dengan tujuan meyakinkan bahwa seseorang itu mendapatkan sesuatu yang mereka mau.

Kita ambil contoh, kamu mungkin pernah mendapatkan kiriman email yang mana masuknya ke bagian folder SPAM, dan email tersebut isinya tentang kamu memnangkan sebuah undian dan memintamu untuk konfirmasi data identitas.

Dari contoh di atas, seperti itulah contoh hacking menggunakan metode Phising.

Sekarang kita bicara tentang phishing attack namun dengan versi SMS atau disebut juga 'SMISHING'. Smishing adalah jenis serangan Phishing berbentuk Short Message Service (sms). Tujuannya sama dengan Phising yang dikirim melalui email yaitu untuk meminta data identitas pengguna yang sebelumnya pengguna dikirimi sms kejutan, menang lomba, atau undian.

Terkadang pengirim (scammers) menyertakan link yang mengarahkan pengguna untuk mengisi data sensitif, seperti nomor rekening dan sebagainya.

Itulah penjelasan simple tenang 'Smishing'
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: