Mengenal PUP, Potentially Unwanted Program

Mengenal PUP, Potentially Unwanted Program


Kali ini saya akan membahas topik yang cukup populer di kalangan pengguna perangkat desktop atau laptop. Mengapa sangat populer?, karena saya sendiri menemukan banyak sekali perangkat laptop atau komputer yang ada di sekolah-sekolah atau perkantoran mengandung aplikasi / software yang tidak dikenal. Aplikasi atau perangkat lunak ini dalam dunia teknologi dikenal dengan PUP (Potentially Unwanted Program).

Potentiall Unwanted Program (PUP) merupakan aplikasi yang terpasang di dalam sebuah sistem operasi (sebagian besar pengguna windows). Seringnya, pemakai tidak menyadari dari mana aplikasi ini berasal. Saya ambil contoh, teman saya meminta saya untuk menginstal ulang laptopnya dengan alasan lemot sekali, padahal ruang penyimpan (harddrive) C: masih banyak sekali yang kosong. Ketika saya cek, ternyata saya menemukan beberapa aplikasi yang tidak dikenal yang berjalan di latar belakang sistem.

Memang benar terkadang aplikasi tidak dikenal ini membuat sistem, proses latar belakang pada sistem operasi terasa lambat, apalagi kita masih menggunakan HDD, sangat terasa sekali. Nah sekarang pertanyaannya darimana aplikasi tidak dikenal (Potentially Unwanted Program) ini berasal?

Lihat hasil tangkapan layar di bawah ini.

Dari tangkapan layar sebuah situs di atas, menunjukkan banyak sekali tombol download yang membuat orang awam merasa bingung harus menekan yang mana, atau mana tombol download yang asli. Nah apabila pengguna perangkat tersebut salah dalam memilih tombol download, maka kemungkinan besar akan mendownload file yang bukan keinginannya.

Nah kesimpulannya aplikasi tidak dikenal tersebut bisa berasal dari situs-situs penyedia file yang mereka memasang trap button, tombol download palsu yang kemudian akan memerintahkan untuk memasang sbuah aplikasi yang tidak jelas ke dalam perangkat anda.

Potentially Unwanted Program (PUP) ini kemungkinan bisa berupa Trojan, Spyware, Adware, atau Malware. Bagaimana mengatasinya? nanti saya akan bahas di topik selanjutnya ...

Terima kasih
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: