Cara Terbaik Overclocking Semua Ponsel Android

Cara Terbaik Overclocking Semua Ponsel Android


Halo sobat maharantau, kali ini saya akan membahas tutorial mengenai cara men-overclock perangkat android agar lebih bertenaga.

Sebenarnya tutorial overclocking sudah banyak sekali dibahas oleh situs-situs atau blog di luar sana, tapi tidak ada salahnya saya mengulas kembali mengingat banyak sekali pengguna android yang ingin performa androidnya lebih joss, ditambah sekarang banyak sekali game-game membutuhkan hape dengan performa yang tinggi. Bagi pengguna android yang memiliki dana menengah ke bawah, bisa dikatakan memiliki hape yang hedon, atau dengan spek tinggi itu perlu berfikir keras, maka trik overclocking ini bisa sedikit membantu para gaming lover.

Sebelum melakukan overclocking, ada baiknya kita mengetahui keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan, mengingat overclocking adalah suatu kegiatan memaksa kinerja perangkat keras (dalam hal ini handphone) bekerja diluar kemampuannya. Keuntungan dari overcloking adalah membuat processor bekerja pada level tertinggi. Kerugiannya akan membuat perangkat menjadi panas dan konsumsi baterai akan meningkat drastis, lama kelamaan bisa merusak komponen perangkat android anda.

Perlu dicatat bahwa perangkat android baru tidak direkomendasikan untuk melakukan overclocking.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum overclocking. 

  • Perangkat android harus sudah dalam keadaan rooted (sudah di-root)
  • Perangkat android dalam keadaan full-charged (baterai penuh)
  • Backup data harus sudah dilakukan

Langkah 1
Anda harus melakukan rooting pada perangkat android anda. Cara rooting bisa anda temukan dengan mencari melalui google.

Langkah 2
Setelah diroot, kamu unduh aplikasi android yaitu SetCPU for root Users. Setelah kamu install, buka aplikasi tersebut dengan mengizinkan akses Superuser.

image from techviral.net

Langkah 3
Selanjutnya kamu harus melakukan scanning untuk mengetahui kecepatan processor yang tersedia di perangkat android kamu. Kemudian kamu akan diperlihatkan nilai kecepatan minimum dan maksimum processor perangkat android kamu. Perhatian! jangan centang "Set to Boot" sampai kamu merasa kecapatan androidmu stabil.

Image fro techviral.net

Langkah 4
Jika sudah selesai, kamu bisa membuat profil atau menamai pengaturan kecepatan processor androidmu jika sewaktu-waktu kamu ingin merubah dengan cara instan.
Image fro techviral.net

Baiklah, begitulah tadi cara sederhana untuk melakukan overclocking, dan selalu diperhatikan adalah apabila kamu ingin melakukan cara ini, berlapang dada untuk menerima resiko yang ditimbulkan. Ingat ini hanyalah pembelajaran, semua yang saya jelaskan di atas sudah saya lakukan, dan perubahan itu memang ada, tapi saya sarankan bagi yang punya budget pas-pasan, sayangilah hape anda.. hehehe

Terima kasih, tulis komentar, saran atau kritik, atau tambahan apabila ditulisan saya ada yang kurang.
Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar: