5 Aplikasi Alternatif Rufus tahun 2019

5 Aplikasi Alternatif Rufus tahun 2019

Apa itu Rufus?

Bagi teman-teman yang baru mendengar rufus pasti agak sedikit bingung, apa sih rufus?, makanan apa sih? apa kaitannya dengan teknologi?. Nah mari kita bahas apa itu Rufus terlebih dahulu sebelum kita masuk pembahasan mengenai aplikasi alternatif atau pengganti Rufus.

Rufus adalah sebuah perangkat lunak, aplikasi yang digunakan untuk membuat Bootable sistem operasi, contoh Windows. Sebagai contoh ketika kalian ingin membuat sebuah installan Windows di dalam USB drive (Flasdisk), maka Rufuslah pilihan tepat. Namun jika kalian ingin menggunakan aplikasi yang punya fungsi sama selain Rufus, kita akan rekomendasikan beberapa aplikasi pengganti rufus.

Berikut Aplikasi Pengganti Rufus

1. UNetbootin


UNetbootin adalah satu dari aplikasi terbaik pengganti Rufus yang bisa kalian gunakan sekarang. Hal menarik dari UNetbootin adalah bisa membuat bootable Linux and Windows dengan sangat mudah. Pastinya kalian bisa peroleh secara gratis (Freeware).

2. Windows USB/DVD Tool


Nah, Apabila kalian mencari bagaimana sih cara membuat bootable dalam flasdis untuk sistem operasi windows, kamu bisa mencoba aplikasi satu ini. Caranya cukup mudah sekali, kamu hanya perlu memasukkan flasdis, kemudian cari file ISO windows yang kamu punya, dan klik tombol 'Create' pada aplikasi Windows USB/DVD Tool. Selesai deh.

3. Etcher


Etcher adalah aplikasi pembuat Bootable yang tersedia untuk membuat Bootable Windows, Linux, dan macOS. Yang paling menarik lagi, Etcher ini mendukung semua tipe Image File Format seperti ISO, DMG, IMG, dan masih banyak lagi. Yaa secara umum aplikasi ini bisa membuat sebuah Bootable di flasdis untuk semua sistem operasi.

Baca juga: 10 Aplikasi Pembuat Bootable USB untuk Windows 10 tahun 2021

4. PowerISO


Nah untuk aplikasi satu ini sih saya yakin banyak dari teman-teman sudah mengetahui fungsi dan kegunaannya. Pada dasarnya PowerISO itu aplikasi buat mounting (bisa cari di google, heheh...)
tapi tidak salah juga apabila digunakan untuk membuat sebuah Bootable. Dibandingkan dengan Rufus, PowerISO sedikit rumit dalam penggunaan, tapi jangan salah juga karena banyak kelebihan yang diberikan oleh PowerISO salah satunya ya tadi Mounting Disk yang sangat baik. Bolehlah dicoba sebagai alternatif Rufus.

5. FlashBoot



Terakhir adalah FlashBoot, aplikasi pengganti Rufus yang mana punya kelebihan yaitu bisa membuat cloning-an sitem operasi windows 7, windows 8, windows 10 beserta semua aplikasi dan data di dalam flasdis.

Itulah beberapa aplikasi alternatif Rufus yang bisa digunakan untuk membuat sebuah Bootable Sistem operasi di flasdish.
Pastikan pilihanmu cocok dan nyaman.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: